detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 20 Okt 2019 14:00 WIB

Dominan, Marc Marquez Juara MotoGP Jepang

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Marc Marquez juara MotoGP Jepang (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez juara MotoGP Jepang (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Motegi - Marc Marquez tampil dominan untuk memenangi MotoGP Jepang. Rider Repsol Honda itu terus mempertahankan posisinya di urutan terdepan sejak start.

Marquez mengawali balapan MotoGP Jepang di Twin Ring Motegi, Minggu (20/10/2019), di posisi terdepan. Sejak start, dia mampu mempertahankan posisinya di sepanjang balapan.

Fabio Quartararo yang start ketiga menyodok ke posisi kedua usai start. Meski sempat menempel Marquez di awal lomba, Quartararo pada akhirnya mulai tertinggal dari sang juara dunia.

Andrea Dovizioso mengisi podium ketiga. Pebalap Ducati itu sempat terlibat pertarungan sengit dengan Maverick Vinales dalam perebutan posisi ketiga.


Jalannya Balapan


Start dari posisi terdepan, Marc Marquez mempertahankan posisinya selepas tikungan pertama. Sementara Fabio Quartararo melewati Franco Morbidelli untuk menempati posisi kedua.

Quartararo sempat menyalip Marquez di turn 7. Namun Marquez merebut kembali posisi terdepan di turn 10 dan memimpin selepas satu putaran.

Di posisi ketiga dan keempat, Morbidelli dan Jack Miller terlibat pertarungan sengit. Keduanya beberapa kali saling menyalip.

Sementara itu, Andrea Dovizioso menyodok ke posisi kelima. Cal Crutchlow dan Maverick Vinales menyusul di belakangnya.

Marquez stabil di posisi terdepan. Rider Repsol Honda itu bahkan unggul hingga 1,1 detik di lap keempat.

Saat tengah berupaya mengejar Morbidelli, Dovizioso sempat sedikit melebar. Beruntung bagi pebalap Ducati itu, ia bisa mempertahankan posisinya di depan Vinales.


Marquez dan Quartararo melaju relatif mulus di dua posisi terdepan. Memasuki lap ke-10, Morbidelli akhirnya melewati Miller untuk menempati posisi ketiga. Tak lama kemudian, Dovizioso juga menyalip Miller.

Marquez makin menjauh dari Quartararo. Balapan menyisakan 10 lap, keunggulan Marquez atas Quartararo menyentuh angka dua detik.

Harapan Morbidelli untuk naik podium dipatahkan oleh Dovizioso. Pebalap Petronas Yamaha itu disalip Dovizioso di turn 11 pada lap ke-14.

Morbidelli terus melorot. Kali ini giliran Vinales yang menyalip Morbidelli di lap ke-16.

Dovizioso dan Vinales kemudian bertarung sengit memperebutkan posisi ketiga. Vinales terus menempel ketat pebalap Ducati itu. Namun Dovizioso mampu mempertahankan posisinya.

Sementara itu, harapan Valentino Rossi untuk finis 10 besar pupus di lap ke-21. Pebalap Monster Yamaha itu crash.

Memasuki lap terakhir, Dovizioso perlahan mendekati Quartararo dan memangkas selisih waktu menjadi 0,8 detik. Namun Dovizioso tak mampu melewati Quartararo hingga balapan selesai.




Simak Video "Video Marquez Menggila di MotoGP Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com