detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 03 Nov 2019 15:10 WIB

Dominan di Sepang, Vinales Asapi Marquez

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Maverick Vinales juara MotoGP Malaysia 2019 (Lai Seng Sin/REUTERS) Maverick Vinales juara MotoGP Malaysia 2019 (Lai Seng Sin/REUTERS)
Sepang - Maverick Vinales tampil dominan sepanjang balapan MotoGP Malaysia. Dia mampu mengasapi Marc Marquez dan finis podium pertama.

Pada balapan yang dihelat di Sirkuit Sepang, Minggu (3/11/2019) siang WIB, Vinales yang start dari posisi kedua langsung memimpin sejak lap pertama. Tak tertahankan, rider Monster Yamaha itu akhirnya keluar sebagai pemenang disusul rider Repsol Honda Marquez di urutan kedua.

Kemenangan kedua Vinales musim ini membuatnya kini total mengumpulkan 201 poin di urutan ketiga klasemen. Marquez yang rentetan kemenangannya terhenti tetap di posisi pertama dengan 395 poin disusul Andrea Dovizioso dengan 256 poin.







Jalannya balapan

Ketika balapan dimulai, Vinales dengan gemilang langsung menyodok ke posisi pertama, memaksimalkan start buruk Fabio Quartararo. Quartararo sebagai pemegang pole position malah turun ke posisi keenam.

Start apik juga dicatatkan Marquez yang langsung merangsek ke posisi kelima, dari sebelumnya start di posisi ke-11, selepas tikungan pertama. Menjelang akhir lap pertama, Marquez bahkan sudah ada di posisi ketiga.

Marquez pun langsung memburu Jack Miller di posisi kedua, tapi upaya itu masih menemui kegagalan. Sementara, Andrea Dovizioso yang start di posisi ke-10 mampu memperbaiki posisi hingga berada di barisan terdepan.

Di lap ketiga, Marquez akhirnya bisa menyalip Miller untuk masuk ke posisi kedua. Dia pun langsung fokus mengejar jarak dengan Vinales di posisi terdepan, namun pebalap Yamaha itu bisa mempertahankan gap sekitar 1,5 detik.






Lap demi lap berlalu, Vinales dan Marquez, makin nyaman berada di posisi terdepan. Sementara, Dovizioso berusaha menjaga posisi ketiga dari kejaran Rossi yang menguntit di posisi keempat. Lalu ada Alex Rins, Miller, Franco Morbidelli, dan Quartararo.

Memasuki lap ke-12, Vinales melebarkan jarak menjadi lebih dari dua detik atas Marquez di posisi kedua. Rossi terus setia mengintai Dovizioso untuk merebut posisi podium terakhir.

Vinales masih nyaman memimpin balapan di tiga lap terakhir dibuntuti Marquez yang berselisih dua detik. Dovizioso harus menghindari kejaran Rossi dan Rins yang sama-sama memburu posisi ketiga.

Vinales akhirnya jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis diikuti Marquez dan Dovizioso.




Dominan di Sepang, Vinales Asapi Marquez


Simak Video "Video Marquez Menggila di MotoGP Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com