detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Nov 2019 11:42 WIB

MotoGP Akan Kembali ke Hongaria di 2022

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Balap MotoGP akan digelar di Hongaria lagi mulai 2022. (Foto: Lai Seng Sin/REUTERS) Balap MotoGP akan digelar di Hongaria lagi mulai 2022. (Foto: Lai Seng Sin/REUTERS)
Budapest - Setelah lebih dari 30 tahun, Hongaria akan menggelar balap motor MotoGP lagi. Dorna Sports telah menjalin Nota Kesepahaman (MOU) dengan Pemerintah Hongaria.

Dengan MOU itu, Hongaria direncanakan akan menggelar lima Grand Prix dari 2022 hingga 2026. Bergantung pada kontrak dengan promotor yang mesti diteken sebelum akhir Februari 2020.


Dalam sejarahnya Hongaria pernah menggelar kejuaraan dunia balap motor pada 1990 dan 1992 di Sirkuit Hongaroring. Sirkuit itu sendiri sampai sekarang masih dipakai untuk balapan Formula 1 (F1) sejak 1986.

Pada 1990, rider legendaris Mick Doohan membukukan kemenangan pertamanya di kelas utama, sementara itu kelas menengah dijuarai John Kocinski dan Loris Capirossi di kelas ringan. Dua tahun kemudian, Eddie Lawson naik podium tertinggi di kelas premier, sedangkan Luca Cadalora dan Alessandro Gramigni memenangi kelas-kelas di bawahnya secara berurutan.

Sebuah sirkuit baru untuk gelaran MotoGP Hongaria di masa datang, yang kemungkinan berlokasi di wilayah timur. Namun, keputusan final terkait venue balapan baru akan ditentukan pada awal tahun depan.


"Saya sangat bangga bisa mengumumkan negosiasi kami untuk seri tambahan lain di kalender MotoGP di masa depan dan melanjutkan untuk melihat olahraga kami terus berkembang ke seluruh dunia," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di MotoGP.com.

"Sebuah balapan dan sirkuit baru di Hongaria adalah rencana yang menarik bagi kita semua dan membawa MotoGP kembali ke sebuah negara dengan sebuah tradisi yang besar dalam balapan."




Simak Video "Hasil MotoGP Thailand: Marquez Juara Dunia 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com