detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Nov 2019 01:09 WIB

Jorge Lorenzo Pensiun, Siapa Penggantinya di Repsol Honda?

Bayu Baskoro - detikSport
Johann Zarco kandidat kuat pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images) Johann Zarco kandidat kuat pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta - Jorge Lorenzo mengumumkan pensiun dari ajang MotoGP di akhir musim ini. Beberapa nama rider muncul menjadi calon penggantinya di tim Repsol Honda.

Keputusan pensiun tersebut diumumkan Lorenzo pada konferensi pers di Valencia, Kamis (14/11/2019). Ia memutuskan gantung helm seusai MotoGP Valencia akhir pekan ini, yang menjadi balapan pamungkas musim 2019.

Dengan pensiunnya Lorenzo di akhir musim, praktis satu posisi rider tim Honda Repsol bakal lowong. Berbagai nama pebalap pun mencuat untuk menggantikan juara dunia lima kali itu sebagai rekan setim Marc Marquez.


Kandidat pertama sekaligus yang terkuat adalah Johann Zarco. Rider asal Prancis tersebut saat ini berstatus pebalap sementara LCR Honda, menggantikan Takaaki Nakagami yang cedera, sampai musim 2019 berakhir.

Zarco masih belum memiliki tim untuk musim depan, setelah putus kontrak dengan KTM di pertengahan musim ini. Ia malah sempat mengatakan siap menggantikan posisi Lorenzo, andai Repsol Honda mau membukakan pintu untuknya.

Zarco bukan pebalap yang buruk. Bersama Yamaha Tech3 di musim 2017 dan 2018, ia enam kali naik podium dan finis di posisi enam kejuaraan dunia di dua tahun tersebut.


Tapi keputusannya pindah ke KTM berakhir sebagai langkah blunder. Ia tak menemukan kecocokan dengan RC16 milik KTM, hingga akhirnya memutuskan pisah jalan dengan tim.

Selain Zarco, nama Cal Crutchlow turut mencuat sebagai kandidat pengganti Lorenzo. Rider tim LCR Honda tersebut menjadi pebalap terbaik kedua Honda setelah Marquez di musim ini, menempati urutan kesembilan klasemen sementara dengan 133 poin.

Meski demikian, peluang bergabungnya Crutchlow ke tim pabrikan terkendala masalah sponsor. Pebalap berusia 34 tahun itu menjalin kerja sama dengan produk minuman Monster Energy, sementara Repsol Honda disponsori Red Bull.


Rider lain yang dapat menjadi opsi adalah Nakagami. Pebalap asal Jepang tersebut tak menutup kemungkinan naik ke tim pabrikan setelah pulih dari cedera bahu. Stefan Bradl turut masuk sebagai kandidat, mengingat ia pernah menggantikan Lorenzo dalam tiga race MotoGP musim ini.

Kira-kira, siapakah pengganti yang tepat untuk Lorenzo?

Simak Video " Balapan Terakhir Lorenzo di MotoGP Valencia"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com