detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Nov 2019 05:51 WIB

Hantu Cedera dalam Karier Jorge Lorenzo

Bayu Baskoro - detikSport
Jorge Lorenzo pensiun dari MotoGP. (Foto: Albert Gea / Reuters) Jorge Lorenzo pensiun dari MotoGP. (Foto: Albert Gea / Reuters)
Jakarta - Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP di akhir musim 2019. Sejak balapan di Aragon tahun 2018, ia begitu akrab dengan cedera.

Juara dunia lima kali itu mengaku sudah tak bisa lagai tampil 100 persen musim ini karena cedera-cedera. Cederanya pun tak main-main. Misalnya kecelakaan pada sesi latihan bebas di Assen, Belanda, bulan Juni lalu membuatnya mengalami retak pada dua ruas tulang belakangnya.


Lorenzo sempat absen selama tiga balapan, serta kembali menggeber motor pada seri MotoGP Inggris. Tetapi rider Repsol Honda itu gagal menampilkan performa terbaiknya, hingga memutuskan pensiun seusai balapan MotoGP Valencia.

Cedera memang sudah jadi hantu sekaligus kawan akrab Lorenzo, khususnya sejak musim lalu. Sejak crash di MotoGP Aragon tahun lalu, ia sudah mengalami berbagai cedera di sejumlah bagian tubuh.

Tapi Lorenzo juga punya momen perlawanan yang epik terhadap cedera, usai terjatuh di latihan bebas kedua MotoGP Belanda pada 2013. Ia mengalami patah tulang selangka, dioperasi, lalu kembali ke lintasan dan menjalani balapan untuk finis kelima.


Lini masa cedera yang membekap Lorenzo sejak MotoGP Aragon 2018:

23 September 2018

Jorge Lorenzo mengalami retak kaki kanan dan dua jarinya mengalami dislokasi, setelah mengalami kecelakaan di balapan MotoGP Aragon.

5 Oktober 2018
Jari-jari tangan kiri Lorenzo mengalami cedera, usai terjatuh saat sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Buriram, Thailand.

19 Oktober 2018
Lorenzo merasakan sakit luar biasa di tangan kirinya saat sesi latihan bebas pertama MotoGP Jepang.

24 Oktober 2018
Lorenzo menjalani operasi pemulihan tangan kirinya.

3 Desember 2018
Operasi pergelangan kaki kanan Lorenzo untuk menyembuhkan masalah saat insiden di MotoGP Aragon.

19 Januari 2019
Pergelangan tangan kiri Lorenzo retak, setelah mengalami kecelakaan saat latihan di arena dirt track di Verona.

12 Maret 2019
Lorenzo terjatuh saat sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi Motogp Qatar. Ia mengalami cedera di bagian tulang rusuk kanannya.

8 Juni 2019
Lorenzo terjatuh saat sesi latihan bebas pertama di MotoGP Assen. Ia menderita retak di dua ruas tulang belakangnya.



Simak Video "Jorge Lorenzo Pensiun dari Balapan MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com