detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Nov 2019 13:19 WIB

Lorenzo Pensiun, Crutchlow: Hari yang Menyedihkan bagi MotoGP

Adhi Prasetya - detikSport
Jorge Lorenzo saat mengumumkan dirinya pensiun dari MotoGP. Foto: Heino Kalis/Reuters Jorge Lorenzo saat mengumumkan dirinya pensiun dari MotoGP. Foto: Heino Kalis/Reuters
Valencia - Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari ajang MotoGP seusai musim 2019. Keputusan ini membawa awan kesedihan di dunia balap kuda besi.

Pebalap asal Spanyol itu memberikan pengumuman pada Kamis (14/11) kemarin. Hal itu membuat seluruh pecinta MotoGP terkejut, meski alasannya untuk undur diri dari bisa dimaklumi. Cedera yang terus menimpa dirinya membuat Lorenzo tak bisa membalap dengan maksimal.

Menjalani musim pertamanya bersama Honda di tahun ini, juara dunia lima kali itu tak sekalipun finis di posisi 10 besar dalam semua seri MotoGP. Bahkan ia absen dalam empat balapan usai mengalami cedera retak tulang belakang saat latihan bebas di Sirkuit Assen pada Juni lalu.

"Saya tidak pernah dalam kondisi 100% fit untuk menunggangi motor Honda, jadi saya tak bisa membetot gas dengan maksimal. Kondisi seperti ini di MotoGP itu sulit, terlebih lagi ketika Anda tak merasa sepenuhnya nyaman di atas motor," ujar Lorenzo dalam jumpa pers.



Pensiunnya Lorenzo membuat sedih pecinta dunia MotoGP, bahkan juga para pesaingnya.

"Menurut saya, (pengumuman pensiunnya Lorenzo) adalah hari yang menyedihkan bagi olahraga ini," ujar pebalap asal Inggris, Cal Crutchlow, seperti dikutip Crash.

"Bayangkan, seorang juara dunia lima kali seperti Jorge dan di masa jayanya, banyak pebalap yang bahkan tak bisa menyainginya. Terkadang, saat anda berhasil naik podium pun, anda tetap tak bisa menandinginya. Dia seorang juara dan profesional yang luar biasa."

"Saya paham karakternya sedikit berbeda dibandingkan orang kebanyakan. Para pebalap pun tahu itu, tapi kamu tak akan bisa mengesampingkan pencapaiannya di lintasan, dan itu melebihi kebanyakan orang yang ada di paddock ini," ujar sesama pebalap Honda itu.




Simak Video "Jorge Lorenzo Pensiun dari Balapan MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com