detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 17 Nov 2019 21:36 WIB

Di Ricardo Tormo, Jorge Lorenzo Tancapkan Bendera Terakhirnya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Jorge Lorenzo menutup karier sebagai pebalap di MotoGP Valencia. (Foto: JOSE JORDAN / AFP) Jorge Lorenzo menutup karier sebagai pebalap di MotoGP Valencia. (Foto: JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta - Berakhir sudah perjalanan Jorge Lorenzo di MotoGP. Di sirkuit Ricardo Tormo hari ini, juara dunia lima kali itu menancapkan bendera kemenangannya yang terakhir.

Lorenzo seperti diketahui telah mengumumkan pensiun pada Kamis (14/11/2019) lalu. MotoGP Valencia, Minggu (17/11) hari ini adalah penampilan terakhirnya di ajang kelas primer tersebut sekaligus sebagai pebalap profesional.


Pebalap 32 tahun itu menuntaskan balapan di posisi 13 dan memetik tiga poin. Hasil yang memang tak cukup oke, tapi harus diakui bahwa Lorenzo memang belum menemukan titik optimal dengan RC213V miliknya.

Selain baru bergabung dengan Repsol Honda di awal musim, serangkaian cedera mengganggu proses adaptasinya. Cedera-cedera itu pula, mulai dari retak di kaki, pergelangan tangan, hingga tulang belakang sejak musim lalu, yang membuatnya memutuskan berhenti.

Namun tak menutup karier dengan finis terdepan, atau minimal podium, tak serta-merta menghapus status Lorenzo sebagai juara. Lima gelar juara dunia, tiga di antaranya di MotoGP, sudah lebih dari cukup untuk dijadikan bukti bahwa ia adalah pemenang.


Maka di Ricardo Tormo, Valencia, ia sangat berhak menancapkan bendera kemenangannya, sebagaimana yang sering ia lakukan saat juara. Apalagi ia adalah penguasa sirkuit ini (well, setidaknya untuk saat ini) dengan empat kemenangan, bersama dengan Dani Pedrosa yang juga sudah pensiun.

Ia disambut dengan meriah, yang anehnya terasa sendu, ketika tiba di garasi. Kepada semua kru dan wartawan di sana, ia mengucapkan 'Gracias' dan melambaikan tangan.

Gracias, Jorge.



Simak Video "Jorge Lorenzo Pensiun dari Balapan MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com