detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 21 Nov 2019 10:19 WIB

Progres Mesin Sudah Bagus, Rossi Berharap Yamaha Tak Berhenti Begitu Saja

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Valentino Rossi di tes MotoGP Valencia. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi di tes MotoGP Valencia. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Valentino Rossi memuji pengembangan mesin YZR-M1 untuk MotoGP 2020. Yamaha disebutnya sukses meningkatkan tenaga motor, tapi masih perlu langkah lebih jauh.

Rossi sudah menjajal mesin dan sasis untuk musim 2020 dari Yamaha di tes MotoGP Valencia pada Selasa dan Rabu (19-20 November 2019) kemarin. Rider Monster Energy Yamaha itu finis kesembilan dalam dua hari tes.


Dalam tes kali ini Rossi memang tak mengejar catatan waktu, melainkan fokus menggali data mesin versi ketiga dan sasis revisi terbaru. Salah satu yang menarik perhatiannya adalah tenaga mesin yang semakin baik.

Kesan pertamanya sudah cukup positif, tapi ia berharap Yamaha terus lanjut memoles kecepatan puncak agar mampu bersaing dengan para rival.

"Mesin yang baru lebih halus dari yang tahun lalu, dan kami juga meningkatkan kecepatan puncak ke level tertentu. Kami mencoba untuk lebih cepat lagi di trek lurus dan motornya sedikit lebih baik, tapi perjalanan masih panjang," ungkapnya kepada Crash.


"Buat saya, kami bergerak ke arah yang bagus, tapi jarak dalam hal kecepatan puncak masihlah besar. Ini adalah versi yang ketiga dan mesinnya sudah meningkat performanya, tapi kami berharap Yamaha tak menyerah."

"Sebab kami butuh langkah lanjutan di jalur ini sebelum menuju Malaysia. Sekarang di MotoGP, ini adalah sebuah paket yang besar, tapi kami masih perlu berkembang di sektor mesin," imbuh pebalap 40 tahun ini.


Sementara untuk sasis, Rossi menyebut ada sejumlah hal positif dan negatif. Ia menyadari proses pengembangannya masih panjang untuk mendapatkan titik optimal.

Simak Video "Dahsyat!! Rossi Puncaki Klasemen MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com