detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 29 Nov 2019 15:35 WIB

Quartararo Beri Nilai 8 untuk Musim Debutnya di MotoGP

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Fabio Quartararo amat puas dengan musim debutnya di MotoGP. (Foto: Jose Jordan / AFP) Fabio Quartararo amat puas dengan musim debutnya di MotoGP. (Foto: Jose Jordan / AFP)
Jakarta - Fabio Quartararo tampil sensasional di musim debutnya di MotoGP. Rider Petronas Yamaha SRT itu merasa amat puas dengan performanya, meski melakukan banyak eror.

Quartararo membalikkan prediksi setelah dipilih Petronas Yamaha SRT untuk melakoni musim pertamanya di kelas primer. Pada awalnya, pebalap Prancis itu diragukan akan sukses karena jejak rekamnya di Moto2. Selama dua tahun di kelas menegah, Quartararo memang hanya finis ke-13 dan ke-10.


Akan tetapi, Quartararo berhasil membungkam keraguan. Setelah membuka musim 2019 dengan gagal finis di Losail, Qatar, pebalap berusia 20 tahun ini berhasil naik podium di tujuh balapan, dan enam kali merebut pole position.

Quartararo bahkan beberapa kali sempat bersaing dengan sang juara Marc Marquez untuk berebut kemenangan dalam balapan. Sampai akhirnya, Quartararo menutup musim ini dengan finis kelima setelah mengumpulkan 192 poin, bahkan lebih baik daripada senior sekaligus rider tim pabrikan Yamaha Valentino Rossi (174 poin).

"Ini adalah sebuah musim yang luar biasa, jadi mungkin aku akan menilai diriku sendiri 8," kata Quartararo kepada GPOne. "Poin-poin yang hilang akibat kesalahanku sendiri, tapi aku perlu melakukan kesalahan itu agar jadi pembelajaran di masa depan."


"Penting untuk tidak memaksakan diri, tapi juga perlu dilakukan ketika ada beberapa balapan di mana kita bisa melakukan sebuah pekerjaan yang lebih baik seperti di Australia atau Silverstone. Aku memang membuat banyak kesalahan, tapi itu kan bagian dari pekerjaan ini dan aku belajar dari situ."

Quartararo mulai mengejutkan setelah berhasil merebut pole position di MotoGP Spanyol. Meskipun, Quartararo gagal menuntaskan balapan karena masalah girboks.

"Sorotan di musim ini sudah pasti pole position di Jerez, karena itu adalah pertama kalinya aku start di depan semua pebalap di MotoGP," lugas Quartararo.


Quartararo Beri Nilai 8 untuk Musim Debutnya di MotoGP




Simak Video "Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol: Fabio Quartararo Pole!"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com