detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 11 Des 2019 15:41 WIB

'Yamaha Ingin Terus Bersama Rossi'

Yanu Arifin - detikSport
Valentino Rossi. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Kepala proyek tim MotoGP Yamaha, Takahiro Sumi, berbicara soal Valentino Rossi. Menurutnya, keberadaan The Doctor begitu penting bagi pabrikan.

Sumi, yang menggantikan Kouchi Tsuji pada awal tahun, mengungkap kesulitan Rossi di MotoGP 2019. Rider 40 tahun itu kerap bermasalah dengan ban yang cepat habis.

Terkait masalah itu, Sumi menilai faktor berat badan Rossi bisa menjadi penyebabnya. Namun, ia menilai masih perlu dipelajari lebih lanjut.

"Sejauh masalah ban Valentino Rossi dipikirkan, kami harus memahaminya lebih baik lagi. Tentu ukuran tubuhnya bisa membuat perbedaan, tapi kami tidak yakin. Lebih lanjut, kami juga menyoroti gaya balapannya, dia lebih stabil di tikungan, ketika rider-rider muda tidak begitu mulus," kata Sumi kepada Motorsport Magazine.


Lebih lanjut, Sumi mengaku kedatangannya adalah membuat Rossi bisa lebih baik lagi. Ia menilai, rider Italia itu banyak membantu mengembangkan Yamaha.

"Tugas saya adalah membawa Valentino kembali ke level tertingginya. Dia punya ingatan yang luar biasa dan ingat segalanya apa yang sudah kami lakukan selama bertahun-tahun," jelas Sumi.

"Jadi pengetahuan dan pengalamannya penting bagi kami. Kami ingin menjaga hubungan ini, sebab bagus punya dia di Yamaha," ungkap pria asal Jepang tersebut.

Kontrak Rossi di Yamaha akan habis pada akhir 2020. Belum ada kepastian apakah pemilik 9 gelar juara dunia balap motor itu akan melanjutkan kariernya di lintasan balap atau memilih pensiun.



Simak Video "Rossi Gaspol di MotoGP Ceko: Start Posisi 10, Finis Kelima"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com