detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 31 Des 2019 06:00 WIB

Kecelakaan di Assen Bikin Lorenzo Pilih Berhenti dari MotoGP

Bayu Baskoro - detikSport
Jorge Lorenzo menyebut dirinya masih bisa bersaing di MotoGP 2020 andai tak cedera (Foto: Vincent Thian / AP Photo) Jorge Lorenzo menyebut dirinya masih bisa bersaing di MotoGP 2020 andai tak cedera (Foto: Vincent Thian / AP Photo)
Jakarta - Jorge Lorenzo mengaku dirinya masih bisa bersaing di balapan MotoGP andai tak mengalami cedera. Namun, kecelakaan di Assen membuatnya memilih pensiun.

Balapan di Sirkuit Valencia di bulan November 2019 menjadi race terakhir yang diikuti Lorenzo dalam kariernya. Ia memutuskan pensiun di usia 32 tahun usai MotoGP musim 2019 berakhir.

Cedera menjadi faktor utama dibalik keputusan gantung helm juara dunia lima kali itu. Sejak balapan di Aragon tahun 2018, Lorenzo memang kerap dihantam berbagai masalah pada beberapa bagian tubuhnya lantaran mengalami crash.

Kecelakaan parah yang dialaminya di Sirkuit Assen, Belanda, pada Juni 2019 menyebabkan retak pada dua tulang belakangnya. Sejak saat itu, ia berpikir ulang soal kelanjutan kariernya dan memutuskan pensiun dari dunia balap.


"Beberapa cedera yang saya alami mendorong keputusan saya pensiun. Andai itu tak terjadi, saya bisa bertahan untuk lebih kompetitif di Honda," kata Lorenzo kepada BT Sport, dikutip dari Marca.

"Ketika kami memulainya, saya memiliki lima cedera serius dan kali terakhir kepala saya terbentur, saya tak bisa mengingat apa-apa," dia menambahkan.

"Itu semua merupakan serangkaian kombinasi: motornya tak sesuai gaya saya, hanya sedikit motivasi dan juga kurangnya kesabaran untuk menunggu tahun berikutnya di usia saya yang memasuki 32 tahun. Cedera punggung juga sangat serius, berbeda dengan cedera saya di tangan atau kaki, itu bisa menyebabkan kelumpuhan."

"Setelah jatuh di Barcelona, kami memeriksa gambar di tim dan sejak saat itu saya mulai takut terjatuh dan melukai diri sendiri. Tak lama setelah Assen saya bertanya apa yang saya lakukan di sini, lalu berpikir untuk memberi diri saya kesempatan lagi, tetapi kenyataannya saya tidak menemukan alasan untuk terus melanjutkan balapan," ungkap Lorenzo.



Simak Video "Sederet Cedera yang Bikin Lorenzo Pensiun dari MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com