detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Jan 2020 14:20 WIB

Luhut: Sirkuit Mandalika Beres Oktober 2020

Herdi Alif Al Hikam - detikSport
Menko Luhut Binsar Pandjaitan (Lisye-detikcom) Foto: Menko Luhut Binsar Pandjaitan (Lisye-detikcom)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut Sirkuit Mandalika selesai dibangun pada Oktober 2020. Dia akan meninjau ke lokasi sekitar April.

Prediksi itu didapatkan Luhut setelah berbincang dengan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rabu (29/1/2020). Luhut meminta laporan tentang perkembangan pembangunan Sirkuit MotoGP di Mandalika.

Dari pertemuan itu, Luhut mengatakan Sirkuit Mandalika siap pakai untuk MotoGP 2021. Dia meminta agar setahun sebelum seri di Mandalika, sirkuit beres. Artinya. pada Oktober 2020 sirkuit sudah harus jadi.

"Dirut ITDC memberikan laporan progress dari persiapan MotoGP GP di Mandalika, persiapan tadi sudah sangat baik itu dan siap dipakai 2021 Oktober. Jadi sekarang ini masih ada waktu 1,5 tahun persiapan sangat bagus," kata Luhut di kantornya, Rabu (29/1/2020).

"Nanti bulan Maret atau April saya pergi ke sana. Karena mereka selesaikan bulan Oktober tahun ini, jadi sudah selesai setahun sebelum moto GP," kata Luhut.

Dia mengatakan pengerjaan sirkuit mencapai 40 persen. Luhut meminta agar ITDC memperhatikan standar internasional dalam membangun sirkuit tersebut.

"Saya minta kepada pak Dirut supaya pengerjaannya, detailnya betul-betul standar internasional. Presiden sendiri sudah pergi ke sana bulan Mei tahun lalu melihat persiapan itu, sekarang progresnya sudah hampir jalan sudah 40%," kata Luhut.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer sendiri mengatakan kini pihaknya masih melakukan pengerjaan ground working alias dasar trek sirkuit. Trek akan dibuat tiga lapis.

Saat ini sedang dilakukan penggalian dasar sirkuit. Untuk kemudian dilapisi material substrat lalu diaspal dengan aspal khusus sirkuit. Kemudian, pada Juli dijadwalkan pengaspalan.

"Kita lagi ground work, bukan cuma clearing tapi kita gali semeter ke bawah, kali 42 km itu 40%. Sekarang sudah nyambung dan dipasang geo textile supaya nggak rembes. Kemudian nanti kita lapisi, substrat baru aspal. Tiga layer karena ini untuk kecepatan tinggi," Abdulbar menjelaskan.

"Juli mulai kita pengaspalan. Ujungnya itu paling cepat Oktober dan lambatnya Desember 2020," kata Abdulbar.

Luhut: Sirkuit Mandalika Beres Oktober 2020


Simak Video "Kalau MotoGP Digelar di Mandalika, Kamu Mau Nonton Langsung? "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com