detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 30 Jan 2020 01:05 WIB

Yamaha Terima Apapun Keputusan Rossi

Mohammad Resha Pratama - detikSport
RIO HONDO, ARGENTINA - APRIL 09: (L-R) Valentino Rossi of Italy and Movistar Yamaha MotoGP, Lin Jarvis of Britain and Yamaha Factory Team and  Maverick Vinales of Spain and  Movistar Yamaha MotoGP celebrate on the podium at the end of the MotoGP race during the MotoGp of Argentina - Race on April 9, 2017 in Rio Hondo, Argentina.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Yamaha pasrah apapun keputusan Valentino Rossi terkait masa depannya (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Lesmo -

Yamaha tak mau mencampuri Valentino Rossi untuk memutuskan soal masa depannya. Sekalipun Rossi memilih pensiun, pabrikan asal Jepang itu akan menerimanya.

Yamaha baru saja merekrut Fabio Quartararo untuk mendampingi Maverick Vinales pada 2021. Ini memastikan karier Rossi di tim pabrikan itu selesai karena memang kontraknya cuma sampai akhir musim 2020.

Muncul kabar kalau Rossi akan turun kasta ke tim satelit Petronas Yamaha berduet dengan adik tirinya, Luca Marini, tahun depan. Tapi ada juga yang menyebut Rossi bakal pensiun karena fisiknya tak lagi mendukung.

Rossi pun bakal memutuskan soal masa depannya ketika MotoGP 2020 sudah memasuki pertengahan musim. Terkait keputusan Rossi nantinya, Yamaha akan menerima dengan lapang dada.



"Aneh rasanya memulai musim dengan tahu bahwa Vale takkan lagi berada di tim pabrikan ini pada 2021, tapi Yamaha selalu ada buat Valentino, apapun keputusan soal masa depannya. Jika dia masih merasa yakin untuk membalap lagi, kami akan memberikannya motor YZR-M1 dengan spesifikasi pabrikan," ujar Managing Director Yamaha, Lin Jarvis, di situs resmi tim.

"Jika dia memutuskan pensiun, maka kami akan terus mengembangkan kerjasama kami di luar lintasan seperti program pelatihan pebalap muda dan Yamaha VR46 Master Camp, lalu dia juga jadi brand ambassador Yamaha. Apapun itu, semuanya masih spekulasi," sambungnya.

"Saat ini kami akan menghadap musim yang pada dan saya pastikan kepada fans bahwa kami akan mendukung Valentino sepenuhnya setiap hari hingga dia pensiun."

Rossi sudah memperkuat Yamaha sejak 2004 hingga 2010 dan sempat pindah dua tahun ke Ducati, sebelum balik ke Yamaha pada 2013. Rossi meraih empat gelar juara dunia MotoGP bersama Yamaha dari total tujuh.



Simak Video "Saat Rossi Geber Motocross Miliknya"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com