detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 04 Feb 2020 12:01 WIB

Karena Alex Tak Mau Cuma Jadi Pendamping Marc Marquez

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Alex Marquez Alex Marquez tak akan mengalah ke Marc Marquez di MotoGP 2020. ( Foto: Mohammad Resha Pratama/detikcom)
Jakarta -

Selama ini Repsol Honda begitu identik dengan Marc Marquez, pebalap lain seperti cuma pelengkap. Alex Marquez bakal berusaha keras mengubah stigma negatif itu.

Sejak kemunculannya di MotoGP pada 2013, Marc begitu luar biasa dan sulit ditandingi. Praktis cuma Lorenzo yang bisa menyelip di antara dominasinya pada 2015 dan sisanya dikuasai Marc.

Prestasi luar biasa Marc ini tak lepas dari Honda yang memang memanjakannya dengan motor yang mendukung aksinya di atas lintasan. Motor RC213V dalam enam tahun terakhir dibuat sedemikian rupa sesuai gaya membalap Marc

Tapi, ada konsekuensi yang harus dibayar ketika rekan setim Marc seperti terabaikan. Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo adalah contohnya. Keduanya benar-benar kesulitan mengimbangi Marc di atas lintasan karena tak punya spesifikasi motor yang sama.

Maka dari itu ada anggapan kalau Marc adalah anak emas Honda. Situasi serupa bakal dihadapi adik Marc, Alex, yang mulai musim ini akan jadi rekan setim di Repsol Honda. Meski dia adalah juara dunia Moto2, banyak pihak memprediksi Alex akan kesulitan seperti Pedrosa dan Lorenzo.

Terkait anggapan tersebut, Alex tak peduli karena fokusnya cuma berusaha tampil sebaik mungkin di musim perdananya bareng Repsol Honda, sekaligus mematahkan anggapan bahwa dirinya bukan cuma pendamping sang kakak.

Meski diakui oleh Alex, mengalahkan Marc bukanlah tugas mudah.

"Saya tahu tidak mudah menghadapi Marc karena dia sudah memenangi banyak titel juara. Tapi, saya selalu berusaha untuk menjadi juara dunia, menjadi rider terbaik di MotoGP," ujar Alex dalam wawancara dengan detikSport dan sejumlah media di Shangri-la Hotel, Selasa (4/2/2020) pagi WIB.

Alex musim lalu menjuarai Moto2 dengan 262 poin, unggul tipis tiga poin atas runner-up Brad Binder.



Simak Video "Tanpa Marquez, Tim Repsol Honda Paling Buntut di MotoGP Ceko"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com