detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 29 Feb 2020 18:00 WIB

MotoGP Qatar Tetap Digelar di Tengah Virus Corona yang Merebak

Putra Rusdi K - detikSport
MotoGP - Qatar Grand Prix - Losail International Circuit, Lusail, Qatar - March 10, 2019   Mission Winnow Ducatis Andrea Dovizioso, Repsol Honda Teams Marc Marquez and Team SUZUKI ECSTARs Alex Rins during the race   REUTERS/Ibraheem Al Omari MotoGP Qatar tetap digelar sesuai jadwal di tengah Virus Corona yang merebak (Foto: Ibraheem Al Omari/Reuters)
Qatar -

MotoGP Qatar tetap akan berlangsung di tengah wabah Virus Corona yang menjangkiti dunia. Balapan bakal digelar sesuai jadwal, meski dengan pemeriksaan ketat.

Virus Corona yang pertama kali merebak di China kini telah menjadi pandemi global. Wabah ini sempat dikhawatirkan membuat gelaran pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar, (8/3/2020) bakal dibatalkan.

Apalagi, pemerintah Qatar juga sudah tak mengeluarkan visa on arrival untuk warga negara dari Italia atau Jepang. Menilik dengan banyaknya pabrikan asal Italia dan Jepang di MotoGP tentu situasi ini akan menyulitkan digelarnya balapan.

Namun, dikutip dari Crash, pihak FIM dan Dorna tampaknya tetap kukuh bahwa MotoGP Qatar akan tetap digelar sesuai jadwal. Meski nantinya akan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi penyebaran virus ini

Para peserta MotoGP yang berasal dari Italia dan Jepang akan diberikan pengecualian untuk diperbolehkan memasuki Qatar. Syarat ketat akan diberlakukan Qatar untuk pengecualian ini.

Data diri mengenai para warga negara Jepang dan Italia yang ikut serta andil dalam gelaran MotoGP harus dikirim terlebih dulu. Pihak berwenang di Qatar juga akan langsung melakukan pemeriksaan medis kepada peserta MotoGP yang melakukan penerbangan dari Jepang atau Italia, jika gagal saat uji suhu tubuh.

"Penumpang akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan jika itu di luar normal, mereka akan langsung dibawa ke rumah sakit. Mereka baru bisa bebas keluar dalam 12 hingga 48 jam (maksimal), jika mereka tidak terinfeksi dengan Virus Corona," pernyataan otoritas Qatar dikutip dari Crash.

"Penumpang dari peserta MotoGP tak akan dikarantina kecuali mereka terinfeksi virus," tambahnya.

Meski begitu, pihak FIM dan Dorna tak menjelaskan secara pasti langkah antisipasi mereka andai salah satu peserta MotoGP ada yang positif terjangkit Virus Corona. Apakah semua anggota tim tersebut akan ikut serta di karantina? Pasalnya penyebaran virus ini terbilang cepat.

MotoGP Qatar Tetap Digelar di Tengah Virus Corona yang Merebak


Simak Video "MotoGP Batalkan 3 Seri Balapan"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com