detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 18 Mar 2020 06:10 WIB

Wabah Virus Corona Tak Hentikan Persiapan MotoGP Mandalika

Mercy Raya - detikSport
Pembangunan Mandalika untuk MotoGP 2021 tidak terganggu virus corona. (Foto: Kurnia Yustiana) Pembangunan Mandalika untuk MotoGP 2021 tidak terganggu virus corona. (Foto: Kurnia Yustiana)
Jakarta -

Persiapan Indonesia menggelar MotoGP di Mandalika tak surut di tengah wabah virus corona. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan pembangunan jalan terus.

Indonesia akan menggelar balapan MotoGP pada Oktober 2021. Kejuaraan dunia balap motor itu akan dihelat di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Waktu yang menyisakan kurang dari dua tahun memaksa Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk terus menggenjot penyelesaian sirkuit agar selesai tepat waktu sekalipun virus corona mengancam.

"Pembangunan infrastruktur PUPR pada lima KPSN Siper Prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang terus dilanjutkan dan ditargetkan selesai akhir 2020. Kecuali beberapa infrastruktur yang masih akan dituntaskan pada 2021," kata Basuki dalam rilis yang diterima detikSport, Selasa (17/3/2020).

Adapun alokasi angggaran infrastruktur PUPR tahun 2020 di KPSN Mandalika digelontorkan sebesar Rp 903,4 miliar. Angka itu untuk pembangunan pengendali banjir KEK Mandalika, pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL), pengembangan kawasan di tiga Gili, pengembangan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), kawasan geopark Rinjani dan pembangunan home stay.

"Saat ini dalam tahap lelang, pada bulan Mei 2020 diharapkan sudah mulai konstruksinya. Untuk pembebasan lahan sudah selesai dua pertiga, sedangkan sisanya akan mulai dibayarkan minggu ini dan minggu depan," sambungnya."Untuk pembangunan jalan Bypass BIL sepanjang 17,4 Km bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dari Bandara BIL ke Kawasan Wisata Mandalika dengan anggaran Rp 814 miliar dan masa pelaksanaan tahun 2020 - 2021," dia menjelaskan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com