detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 29 Mar 2020 20:00 WIB

Marquez Dikontrak 4 Tahun, Dovizioso: Kukira Dia Akan Pindah

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Ducati rider Andrea Dovizioso of Italy (L) is congraturated by Honda rider Marc Marquez of Spain (R) at the parc ferme during the MotoGP Japanese Grand Prix at Twin Ring Motegi circuit in Motegi, Tochigi prefecture on October 15, 2017. / AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA Andrea Dovizioso tak menyangka Marc Marquez mau dikontrak lama oleh Repsol Honda. (Foto: TOSHIFUMI KITAMURA/AFP PHOTO)
Jakarta -

Andrea Dovizoso mengaku kaget karena Marc Marquez teken kontrak jangka panjang di Repsol Honda. Dovizoso awalnya menyangka Marquez akan mencoba tantangan lain.

Marquez sudah begitu dominan di atas RC213V. Pebalap Spanyol itu berhasil menyabet gelar juara dunia enam kali sejak debutnya di MotoGP pada 2013.

Tidak sedikit yang 'menantang' Marquez untuk menjajal tim lain setelah dominasinya bersama Honda. Namun, di awal tahun ini Marquez secara mengejutkan justru menandatangani kontrak baru selama empat tahun, durasi yang tidak biasa.

"Aku sangat terkejut dengan kontrak berdurasi empat tahun itu," kata Dovizoso kepada Sky Sport 24. "Aku tidak menyangka."

"Sebenarnya aku memiliki sebuah pemikiran yang sepenuhnya berbeda. Kukira dia akan menerima sebuah tantangan untuk balapan dengan motor lain. Sepertinya itu adalah pilihan yang aneh. Sudah pasti ada sesuatu di belakang yang kita tidak tahu."

Marquez begitu superior usai menjuarai 2019 dengan memenangi 12 dari 18 balapan yang dituntaskan dan tidak pernah finis di luar dua besar. Meski Marquez menjalani tes pramusim yang kurang menjanjikan, Dovizioso yakin rivalnya itu masih tetap menjadi pebalap yang mesti dikalahkan kalau mau merebut gelar juara dunia.

"Marc tidak memberi kesempatan kepada siapapun pada tahun lalu, tapi keindahan balap motor itu setiap musim berbeda. Banyak hal bisa terjadi. Aku sih menduga persaingan akan lebih ketat lagi," sambung Dovizioso.

"Di 2019, sampai tengah musim, Marc, Rins, dan aku bersaing untuk gelar juara, kemudian pebalap-pebalap Yamaha menyeruak. Tahun ini, mereka akan langsung kompetitif dari awal. Jadi akan ada setidaknya empat atau lebih pebalap yang akan bersaing untuk kemenangan dan gelar juara dunia."

Sementara itu belum bisa dipastikan kapan MotoGP 2020 akan dimulai usai krisis corona meluas di Eropa. Yang terakhir seri Jerez yang sedianya digelar awal Mei diputuskan ditunda.



Simak Video "Marc Marquez Ungkap Kelemahannya, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com