detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 08 Mei 2020 03:30 WIB

Jerez Diharapkan Gelar Dua Race, Akan Ada MotoGP Andalusia

Yanu Arifin - detikSport
MotoGP - Spanish Grand Prix - Circuito de Jerez, Jerez, Country - May 5, 2019  Repsol Honda Teams Marc Marquez and Petronas Yamaha SRTs Franco Morbidelli during the race  REUTERS/Jon Nazca MotoGP merencanakan menggelar dua balapan sekaligus di Sirkuit Jerez, dengan salah satunya akan dinamai MotoGP Andalusia. (Foto: Jon Nazca/Reuters)
Madrid -

MotoGP mengajukan proposal untuk menggelar dua balapan di Sirkuit Jerez. Jika disetujui Pemerintah Spanyol, akan ada MotoGP Andalusia musim ini.

Dilansir situs resmi MotoGP, Dorna Sports selaku promotor balapan, berharap bisa memulai musim 2020 sejak Juli. Seri Jerez diharapkan menjadi balapan perdana Marc Marquez dkk, usai tertunda akibat pandemi corona.

Di Jerez, Dorna Sports rupanya merencanakan bisa menggelar dua balapan sekaligus. Pertama pada 19 Juli sebagai Grand Prix Spanyol, yang dijadikan seri perdana, lalu yang kedua pada 26 Juli, dengan nama Grand Prix Andalusia.

Dorna, Pemerintah Kota Andalusia, dan Wali Kota Jerez, sudah mengajukan proposal ke Pemerintah Spanyol. Jika disetujui, dua balapan di Jerez bisa digelar, termasuk menggelar kejuaraan Superbike di lokasi yang sama pada 2 Agustus.

"Kesepakatan antara Pemerintah Daerah Andalusia, Dewan Kota Jerez, dan kami sendiri telah tercapai. Kami menetapkan dasar-dasar bagaimana, dan apa yang akan terjadi, dan bagaimana hal itu akan diatur," kata bos Dorna, Carmelo Ezpeleta.

"Kami mempresentasikannya kepada mereka, dan mereka merasa bisa diterima untuk diteruskan ke Pemerintah Spanyol. Inilah yang kami lakukan di setiap negara yang kami kunjungi. Ada protokol yang telah kami putuskan, yang akan selesai besok atau lusa, di mana kami telah mengurangi 1.300 orang di MotoGP," ungkapnya.

Kedua seri MotoGP di Jerez itu diprediksi masih akan digelar tertutup, tanpa penonton, dan staf penting saja yang hadir. Protokol keselamatan virus corona juga akan diberlakukan.

Staf pun hanya yang berasal dari Eropa yang bisa datang. Belum jelas bagaimana para staf yang berasal dari luar Eropa diperbolehkan mengikuti balapan.

Sejauh ini, MotoGP 2020 sudah membatalkan 4 race, dari total 20 balapan. Seri yang dibatalkan adalah MotoGP Qatar, MotoGP Jerman, MotoGP Belanda, dan MotoGP Finlandia.



Simak Video "Tim Repsol Honda di Jakarta, Marquez: Apa Kabar Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com