detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 09 Mei 2020 18:30 WIB

Dorna: Jadwal MotoGp 2020 Belum Fixed, Tunggu F1 Dulu

Adhi Prasetya - detikSport
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - NOVEMBER 03: Cal Crutchlow of Great Britain and LCR Honda during the MotoGP race during the MotoGP of Malaysia - Race at Sepang Circuit on November 03, 2019 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP 2020 ditargetkan mulai di bulan Juli. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Kalender MotoGP 2020 masih belum selesai dibuat. Dorna Sports selaku penyelenggara masih harus menunggu jadwal balapan Formula 1 musim ini agar tidak bentrok.

Sejauh ini, sudah ada 4 balapan yang dibatalkan karena pandemi virus Corona, yakni MotoGP Qatar, Jerman, Belanda, dan Finlandia. Sedangkan 3 balapan lainnya ditunda dan belum dijadwalkan ulang, yakni MotoGP Prancis, Italia, dan Catalunya.

12 balapan sisanya sejauh ini masih akan berlangsung sesuai jadwal, meski ada kemungkinan ikut berubah sebab ada rencana balapan tahun ini hanya akan berlangsung di benua Eropa.

MotoGP Spanyol yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez sebetulnya ikut ditunda, namun saat ini direncanakan menjadi pembuka musim 2020. Dua seri balapan akan berlangsung di sana pada 19 dan 26 Juli. Dorna masih menunggu izin dari pemerintah negeri Matador itu untuk bisa memulai balapan.

Selain izin balapan dari negara-negara penyelenggara, yang harus diperhatikan juga adalah jadwal Formula 1 2020 yang juga ikut berubah karena COVID-19. Oleh sebab itu, Dorna memperkirakan jadwal resmi MotoGP tahun ini baru akan keluar paling cepat bulan Juni.

"Kami akan melalui prosedur yang sama dengan Jerez di setiap negara tempat kami ingin menyelenggarakan balapan, tapi itu hal yang terpisah dan kami pikir mungkin di awal Juni kami bisa mengajukan kalender balapan," ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, seperti dikutip Crash.

"Kami mengharapkan tanggal yang berbeda, tapi kami juga sedang menunggu kalender F1. Kondisinya akan sulit karena waktunya mepet dan ada banyak event yang mencoba agar jadwalnya tak bertabrakan dengan Formula 1," sambungnya.



Simak Video "MotoGP Batalkan 3 Seri Balapan"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com