detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 01 Jun 2020 15:47 WIB

MotoGP Jepang Batal, Ini yang Tersisa dari Kalender MotoGP 2020

Kris Fathoni W - detikSport
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 16:  A marshall holds a sign aloft indicating a delay to the start of the MotoGP second practice of the Aragon Grand Prix is delayed due to an electrical problem during the MotoGP of Spain at Motorland Aragon Circuit on September 16, 2011 in Alcaniz, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP Jepang Batal, Ini yang Tersisa dari Kalender MotoGP 2020. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

MotoGP Jepang menjadi seri balapan teranyar yang dibatalkan dalam MotoGP 2020. Berikut balapan yang masih tersisa menurut jadwal jadwal MotoGP sementara.

Pengumuman batalnya MotoGP Jepang dilakukan Senin (1/6). Beberapa hari sebelumnya, MotoGP Inggris dan Australia juga diumumkan resmi dicoret dari MotoGP 2020.

MotoGP Jepang sejatinya dilangsungkan di Motegi pada 18 Oktober, di antara dua seri race Asia lainnya yakni MotoGP Thailand (4 Oktober) dan Malaysia (1 November).

Menghitung MotoGP Qatar, yang cuma menggelar balapan Moto2 dan Moto3, sudah ada tujuh seri balapan yang dicoret dari perhelatan balapan kelas primer MotoGP 2020.

Ada empat seri balapan lain yang sudah ditunda, tapi sejauh ini belum mendapatkan tanggal pengganti. Sedangkan sembilan seri balapan lain sejauh ini dijadwalkan untuk digelar dari 9 Agustus sampai 29 November, walaupun statusnya belum pasti.

Menilik situasi pandemi virus Corona saat ini, dan pembatalan MotoGP Jepang, status seri-seri balapan lain di luar Eropa juga jadi tanda tanya. Dengan kata lain, belum ada kejelasan pula kapan musim balap kelas primer MotoGP 2020 akan dimulai.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, saat mengumumkan pembatalan MotoGP Jepang, menyebut bahwa sampai dengan pertengahan November nanti race MotoGP akan dilangsungkan di Eropa. Balapan lain di luar Eropa baru akan dipentaskan setelah itu.

Dengan kata lain, sangat mungkin Dorna akan mengutak-atik lebih jauh kalender MotoGP 2020 saat ini, menimbang situasi dan kondisi secara global dan lokal terkait pandemi COVID-19.

Berikut kalender sementara MotoGP 2020
9 Agustus - Republik Ceko
16 Agustus - Austria
13 September - San Marino
27 September - Aragon
4 Oktober - Thailand
1 November - Malaysia
15 November - Amerika Serikat
22 November - Argentina
29 November - Valencia

Balapan MotoGP 2020 dengan status ditunda
- Spanyol (Jerez), batal digelar pada 3 Mei
- Prancis, batal digelar pada 17 Mei
- Italia, batal digelar pada 31 Mei
- Catalunya, batal digelar pada 7 Juni

Balapan MotoGP 2020 dengan status dibatalkan
- MotoGP Qatar - cuma menampilkan kelas Moto2 dan Moto3
- MotoGP Jerman
- MotoGP Belanda
- MotoGP Finlandia
- MotoGP Inggris
- MotoGP Australia
- MotoGP Jepang



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com