detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 04 Jun 2020 15:27 WIB

Rossi Memang Tinggalkan Honda ke Yamaha untuk Buktikan Diri

Lucas Aditya - detikSport
Valentino Rossi latihan menggunakan Yamaha R1 di Sirkuit Misano Valentino Rossi sukses membuktikan diri pindah dari Honda ke Yamaha. (Foto: Instagram @valeyellow46)
Jakarta -

Valentino Rossi mengambil keputusan besar dengan pindah dari Honda ke Yamaha pada 2004. Dia memang melakukan itu untuk membuktikan diri.

Honda merupakan motor pertama Rossi di kelas premier ajang adu cepat kuda besi. Mulai tahun 2000, The Doctor memperkuat Nastro Azzuro Honda.

Bersama tim satelit itu, Rossi sekali menuai gelar juara dunia pada MotoGP 2001. Setelah itu, Rossi bergabung dengan tim pabrikan dan mampu memenangi dua gelar juara dunia.

Banyak komentar bahwa Rossi menjadi juara dunia beruntun karena faktor motor. Oleh karena itu, rider Italia itu memutuskan untuk pindah ke Yamaha.

Rossi bisa menjawab kritik untuknya dengan memenangi empat gelar juara dunia bersama Yamaha dalam tujuh tahun kebersamaan.

"Saya dikutuk untuk menang. Di tahun-tahun tu, banyak orang bilang bahwa saya cuma menang karena Honda. Andai saya tidak menang dalam dua balapan, mereka bilang saya sudah habis," kata Rossi di GP One.

"Ada kepuasan. Saya membuat keputusan yang sangat gila. Itu seperti andai Hamilton meninggalkan Mercedes untuk balapan dengan McLaren. Mereka berpikir bahwa saya gila di Honda saat saya miminang proyek Yamaha, tapi pada akhirnya saya menunjukkan bahwa saya bisa menang bukan hanya karena motor," dia menambahkan.



Simak Video "Valentino Rossi Gabung Petronas?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com