detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 04 Jun 2020 19:25 WIB

Puja-puji Mick Doohan buat Valentino Rossi

Bayu Baskoro - detikSport
MotoGP rider Valentino Rossi of Italy (L) chats with former five-time world champion Mich Doohan (R) after qualifying in second place for the Australian Grand Prix at the Phillip Island circuit, some 130 kilometres southest of Melbourne 16 October 2004.  Spains Sete Gibernau will start from pole position with Rossi sharing the front row of the grid.   AFP PHOTO/William WEST (Photo by WILLIAM WEST / AFP) Mick Doohan melontarkan pujian buat Valentino Rossi. (Foto: AFP/WILLIAM WEST)
Jakarta -

Mick Doohan baru-baru ini melontarkan pujiannya kepada Valentino Rossi. Pebalap Yamaha itu diakuinya sebagai rider yang sempurna di dunia MotoGP.

Doohan memang belum pernah bertarung dengan Rossi di lintasan balap sepanjang kariernya. Juara dunia lima kali MotoGP itu gantung helm pada tahun 1999, sementara Rossi baru debut di kelas utama tahun 2000.

Walau begitu, Doohan dan Rossi menjalin hubungan baik satu sama lain. Mantan rider asal Ausralia itu menjadi mentor pribadi Rossi di tim Honda pada musim awal The Doctor di kelas utama.

Dalam sebuah kesempatan baru-baru ini, Doohan mengakui kehebatan Rossi di trek balap. Selain kencang, juara dunia sembilan kali itu disebutnya memiliki dedikasi tinggi dalam dunia balapan.

"Valentino sangat cepat, dia sudah bagus sejak awal. Hal tersebut jadi alasan kenapa saya ingin banget bisa jadi rekan satu timnya. Itu bakal jadi tantangan yang sulit, saya yakin dia akan menghambat saya dan begitu pula sebaliknya," kata Doohan, dikutip dari GPOne.

"Yamaha jelas akan memberinya material terbaik, bahkan jika dirinya gabung ke tim satelit dan tidak ada yang bisa mengembangkan motor lebih baik daripada dia. Rossi begitu sempurna," sambungnya.

"Dia juga masih bisa bersaing dan saya mengagumi dedikasinya dan itu baik buat dunia olahraga. Dia berpengalaman, bahkan jika dia start di urutan ke-8, dirinya bisa tetap mampu naik podium. Meskipun saat ini cukup sulit mengatakan apakah dia atau rider lain semisal Marquez yang lebih cepat,".

"Valentino sekarang berumur 41 tahun, 20 tahun berada di level tertinggi Saya hanya bisa melakukannya beberapa tahun dan paham bagaimana tekanannya. Dia akan butuh waktu setahun buat berlibur ketika memutuskan berhenti," demikian kata Doohan.



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com