detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 09 Jun 2020 21:26 WIB

Eks Bos Honda: Rossi Tak Lagi Bisa Raih Gelar Juara Dunia ke-10

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Monster Energy Yamaha MotoGP Italian driver Valentino Rossi attends a press conference at the Ricardo Tormo racetrack, in Cheste, near Valencia, on November 14, 2019 ahead of the Valencia Grand Prix. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP) Valentino Rossi dinilai sudah tidak mungkin lagi bisa menjadi juara dunia. (Foto: AFP/JOSE JORDAN)
Jakarta -

Mantan manajer Repsol Honda Livio Suppo menaruh respek besar terhadap Valentino Rossi. Mesti begitu, Rossi mesti realistis dengan kans menjadi juara dunia lagi.

Sudah sembilan gelar juara dunia dikoleksi Rossi sepanjang kariernya di balap motor. Namun, rider berusia 41 tahun itu terakhir kali memenanginya pada 2009, atau hampir 11 tahun silam.

Sejak saat itu, pencapaian terbaik Rossi adalah tiga kali finis runner-up pada 2014-2016 lalu menurun dalam tiga musim terakhir. Meski finis ketiga di 2018, The Doctor tidak sekalipun meraih kemenangan dan terpaut lebih dari 100 poin dari sang juara, Marc Marquez.

Alhasil, Yamaha memilih melepas Rossi di akhir musim ini setelah 14 tahun bekerja sama. Masa depan Rossi kini masih tanda tanya. Pebalap Italia itu dihadapkan pada opsi terus balapan di tim satelit, Petronas SRT, atau gantung helm.

Suppo dan Rossi pernah panas usai insiden di MotoGP Sepang 2015, yang melibatkan Marquez. Kendati menghormati Rossi, Suppo pesimistis dia bisa merebut titel juara dunia di masa depan.

"Saya sudah kenal dia sejak 1996, kami bersama-sama debut di Kejuaraan Dunia. Saya punya respek besar untuk dia, meskipun media, terutama di 2015 melihat saya seperti anti-Rossi," ungkap Suppo kepada Motosprint.

"Siapapun di posisi saya akan senang bisa bekerja sama dengan dia saat itu. Kalau Anda tidak menghargai apa yang sudah Valentino lakukan dan terus lakukan sampai sekarang, Anda gila."

"Sekarang Valentino merupakan pebalap lima besar. Saya pikir kita mesti melupakan bahwa dia bisa memenangi titel juara dunia kesepuluh. Saya tidak merasa dia masih bisa memenangi gelar juara dunia."



Simak Video "Valentino Rossi Gabung Petronas?"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com