detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 15 Jun 2020 18:20 WIB

Quartararo: Marc Marquez Ubah Standar Latihan Rider MotoGP

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez steers his bike after taking a corner during the second day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 8, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) Marc Marquez mendominasi MotoGP sejak debutnya pada 2013. (Foto: Mohd Rasfan / AFP)
Jakarta -

Fabio Quartararo menyebut Marc Marquez sudah mengubah standar latihan di MotoGP. Kini para pebalap berlatih jauh lebih keras daripada sebelum kehadirannya.

Marquez mendominasi MotoGP sejak debut pada 2013 silam. Pebalap Repsol Honda tersebut sudah memenangi enam dari tujuh musim yang berjalan hingga saat ini.

Salah satu dampaknya adalah para pebalap lain pada prosesnya mengikuti pola latihan yang diterapkan Marquez. Salah satu latihan yang menurut Marquez amat krusial adalah naik motocross di lintasan dirt track.

Latihan itu penting untuk mengasah reaksi dan konsentrasi di lintasan. Pebalap 27 tahun itu juga banyak menghabiskan waktu di gym untuk melatih keseimbangan tubuh, mengingat ia harus mengontrol motor di berbagai posisi.

Marquez menghindari latihan angkat beban terlalu berat, karena ia tak mau ototnya terlalu besar dan mengganggu aerodinamika di atas motor. Namun yang pasti, Quartararo tahu betul koleganya itu berlatih amat keras dan sudah mengubah standar di MotoGP.

"Level tuntutan di latihan yang ada saat ini di kejuaraan dunia ditetapkan oleh Marc, dia menaikkan standarnya. Baik di Moto3, Moto2, dan tentunya di MotoGP. Sebelum Marquez debut di 2013, tidak ada yang berlatih sekeras sekarang," kata pebalap Petronas Yamaha SRT ini kepada Autosport.

"Marc memenangi 10 balapan pertama di musim 2014 dan kami melihat bagaimana dia terus berlatih hingga mau mati. Lalu semua orang berubah. Saya melihatnya ketika saya di Moto3 dan itu semakin memotivasi saya."

"Saya memulai latihan di dirt track dua tahun lalu karena Marc saat itu melakukannya. Dan itu adalah salah satu latihan terbaik yang ada," tambahnya.



Simak Video "Berkaca dari Musim Lalu, Alasan Yamaha Gaet Quartararo"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com