detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 19 Jul 2020 20:39 WIB

Akhirnya, Quartararo!

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Petronas Yamaha SRTs French rider Fabio Quartararo celebrates on the podium after winning the MotoGP race of the Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on July 19, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) Fabio Quartararo juara MotoGP Spanyol (Foto: AFP/JAVIER SORIANO)
Jerez -

Berakhir sudah penantian Fabio Quartararo akan kemenangan perdana di kelas premier MotoGP. Quartararo akhirnya jadi juara di MotoGP Spanyol 2020.

Quartararo memulai balapan seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB, dari posisi terdepan. Namun, pebalap Petronas Yamaha itu sempat disalip Maverick Vinales di tikungan pertama.

Quartararo kemudian mengambil alih pimpinan balapan di tikungan terakhir di lap kesembilan. Vinales sendiri mulai kesulitan gara-gara ban depannya.

Quartararo akhirnya mampu mempertahankan posisinya di urutan terdepan sampai balapan tuntas. Ini jadi kemenangan pertama untuk tim satelit Yamaha di era MotoGP.

Quartararo juga jadi pebalap Prancis pertama dalam 21 tahun yang juara di kelas premier MotoGP. Sebelum Quartararo, rider Prancis terakhir yang naik podium tertinggi di MotoGP adalah Regis Laconi di Valencia pada 1999.

Kemenangan ini seakan menuntaskan rasa penasaran pebalap berusia 21 tahun itu. Pada MotoGP 2019 lalu, Quartararo yang baru jadi rookie tampil begitu impresif dan digadang-gadang bakal meraih kemenangan.

Di sepanjang musim 2019, Quartararo sempat enam kali merebut pole position. Namun tak satu pun yang mampu ia konversi jadi kemenangan.

Pole position pertama pada musim lalu diraih Quartararo di MotoGP Spanyol. Namun dia malah gagal finis. Dalam lima pole berikutnya, empat di antaranya berakhir dengan finis podium untuk Quartararo.

"Ini tentu momen paling membahagiakan dalam hidup saya," ujar Quartararo usai balapan.

"Rasanya aneh balapan tanpa fans, sejujurnya saya ingin merayakan bersama mereka. Tapi balapan ini untuk mereka, untuk semua yang terdampak COVID-19, juga untuk orang tua dan keluarga saya," katanya.



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com