detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 21 Jul 2020 21:09 WIB

Vinales Gagal Juara MotoGP Spanyol Gegara Hal Ini

Bayu Baskoro - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 19:  Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  celebrates the second place  on the podium at the end of the MotoGP race during the MotoGP of Spain - Race at Circuito de Jerez on July 19, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Maverick Vinales menduduki peringkat kedua di MotoGP Spanyol. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jerez -

Maverick Vinales gagal menjuarai MotoGP Spanyol dan harus puas menempati posisi kedua. Dia mengaku kehilangan podium pertama karena satu hal, apa itu?

Vinales memulai balapan MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez yang berlangsung Minggu (19/7/2020) di urutan kedua. Pada lap pertama, rider tim Monster Energy Yamaha itu sempat memimpin balapan.

Namun, Vinales tidak bisa mempertahankan keunggulannya. Pada lap kedua, dia disalip Marc Marquez yang kemudian menjadi pebalap terdepan selama tiga putaran selanjutnya.

Vinales dapat merebut kembali posisi pertama di lap kelima, setelah Marquez mengalami crash dan harus melorot ke urutan 18. Pebalap berjuluk Top Gun itu lagi-lagi kehilangan tempat terdepan, usai Fabio Quartararo sukses menyalipnya pada lap sembilan.

Rider asal Spanyol itu mengakhiri balapan pada posisi kedua di bawah Quartararo yang memenangi race. Vinales finis dengan catatan waktu 41 menit 28,399 detik.

Menukil laporan Autosport, Vinales menyebut kegagalannya mempertahankan keunggulan di lap sembilan diakibatkan karena pemilihan ban depan yang digunakannya. Seperti diketahui, Vinales memakai ban depan lunak pada balapan kali ini.

Vinales menjadi salah satu dari dua pebalap di Sirkuit Jerez yang menggunakan ban depan lunak. Rider lain yang memakainya adalah rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi.

"Tentu saja. Saya rasa kami punya pengaturan yang baik, saya cukup terpacu di delapan putaran awal balapan," kata Vinales, dikutip dari Autosport.

"Idenya adalah buat membuka jarak, tetapi saya memiliki masalah di lap pertama pada tikungan delapan dan saya hampir tergelincir. Kemudian pada lap delapan di tikungan keenam saya hampir kehilangan bagian depan," sambungnya.

"Jadi saya melihat kalau ban depan adalah masalah besar di hari itu," ujarnya.



Simak Video "Vinales Tercepat di Latihan Bebas I MotoGP Andalusia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com