detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 23 Jul 2020 03:45 WIB

Gelar Juara MotoGP Akan Kurang Bergengsi Tanpa Marquez

Okdwitya Karina Sari - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 19: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team  leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Spain - Race at Circuito de Jerez on July 19, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Tanpa Marc Marquez di performa terbaik, titel juara MotoGP akan terasa kurang afdol. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jerez de la Frontera -

Marc Marquez kurang dijagokan dalam persaingan gelar musim ini usai kecelakaan. Titel juara dunia diyakini akan kurang bergengsi andai Marquez tidak kompetitif.

Rider Repsol Honda tersebut baru saja menjalani operasi setelah mengalami retak tulang lengan atas akibat jatuh terpelanting di MotoGP Spanyol, Minggu (19/7/2020). Meski tidak ada kerusakan saraf, Marquez diprediksi akan absen di gelaran MotoGP Andalusia akhir pekan ini.

Juara dunia delapan kali tersebut menargetkan untuk bisa kembali ke lintasan di Brno, pada awal Agustus nanti. Sekalipun dokter belum menyebutkan kapan Marquez bisa balapan lagi.

Jika Marquez memang harus absen di beberapa balapan, sudah tentu akan menjadi pukulan bagi Repsol Honda. Pasalnya, tidak bisa disangkal kalau Alex Marquez kurang menjanjikan usai finis ke-12 di Jerez.

Alhasil sejumlah pihak sudah mulai meragukan kans Marquez mempertahankan gelar juara di 2020. Pebalap Yamaha Maverick Vinales dan rider Petronas SRT Fabio Quartararo mulai digadang-gadang menjadi favorit juara baru.

Manajer Repsol Honda Alberto Puig mengungkapkan, Marquez akan diberi waktu yang cukup untuk memulihkan diri. Puig juga mengatakan, titel juara akan kurang mantap tanpa mengalahkan Marquez di puncak performa.

"Dari Honda dan HRC, kami tidak memikirkan tentang waktu. Kami punya hubungan yang panjang dan sudah lama bersama dengan Marc dan apa yang kami inginkan untuk dia adalah menjadi tangguh dan bugar. Itulah mengapa kami tidak akan menghitung hari untuk melihat kapan dia akan kembali," sahut Puig di GPOne.

"Kalau dia tidak balapan di seri-seri berikutnya, memang akan rumit. Seandainya kalau memang tidak bisa, saya pikir pebalap-pebalap di depan tidak akan begitu bangga atau senang memenangi titel tanpa partisipasi pebalap terbaik di dunia," lanjut dia.

"Tidak akan sama kalau Marc tidak balapan untuk gelar juara dunia dan saya pikir semua pebalap tahu akan hal itu."



Simak Video "Hasil MotoGP Andalusia 2020: Fabio Quartararo Menang!"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com