detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 05 Agu 2020 06:35 WIB

Valentino Rossi Memburu Rekor di MotoGP Ceko 2020

Bayu Baskoro - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 26: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates the third place on the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Andalucia - Race at Circuito de Jerez on July 26, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi bisa memecahkan beberapa rekor andai mampu finis di MotoGP Ceko 2020. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Brno -

Valentino Rossi mengincar podium dalam seri MotoGP Ceko akhir pekan ini. The Doctor dapat memecahkan beberapa rekor andai mampu finis tiga terdepan. Apa saja?

Rossi tengah dalam tren positif usai merebut podium ketiga pada MotoGP Andalusia, Minggu (26/7/2020). Rider 41 tahun itu hanya kalah dari Fabio Quartararo dan Maverick Vinales yang berturut-turut menempati peringkat pertama dan kedua di Sirkuit Jerez.

Keberhasilan Rossi menempati urutan ketiga di MotoGP Andalusia juga membuatnya masuk ke dalam buku rekor MotoGP. Rider tim Monster Energy Yamaha tersebut menjadi pebalap pertama berumur 41 tahun atau lebih yang naik podium di kelas utama sejak Jack Findlay tahun 1977 (42 tahun 85 hari).

Menatap seri MotoGP Ceko 2020 yang digelar Minggu (9/8/2020), Rossi berharap dapat meneruskan performa okenya dan menargetkan podium kembali. Hal tersebut bukan tidak mungkin, mengingat pebalap Italia itu sudah mulai nyetel dengan perubahan pada motor Yamaha YZR-M1 miliknya.

Tidak hanya itu, Rossi juga bakal memecahkan dua rekor MotoGP apabila berhasil mendaki podium dalam balapan yang digelar di Sirkuit Brno. Andai nantinya Rossi masuk ke dalam jajaran tiga besar di Ceko, maka dia akan menjadi pebalap pertama yang mampu naik podium sebanyak 200 kali di kelas utama.



Melansir laporan Crash, Rossi saat ini tercatat sudah mengoleksi 199 podium sepanjang kariernya di kelas utama MotoGP. The Doctor berada di posisi pertama pada kategori tersebut dan unggul jauh di atas Jorge Lorenzo yang mencatatkan 114 kali podium di kelas premier, serta Dani Pedrosa (112) dan Marc Marquez (95).

Selain mengejar podium ke-200, Rossi juga bisa memecahkan rekor sebagai pebalap tertua yang mampu dua kali podium secara beruntun dalam 54 tahun terakhir. Dia akan menyamai prestasi Jack Ahearn yang berhasil back-to-back podium pada balapan tahun 1966 di usia 41 tahun 282 hari.

Mampukah Valentino Rossi memecahkan rekor-rekor tersebut? Kita tunggu saja di balapan MotoGP Ceko 2020 akhir pekan ini.



Simak Video "Rossi Gaspol di MotoGP Ceko: Start Posisi 10, Finis Kelima"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com