detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 06 Agu 2020 14:30 WIB

Potensi Hat-trick Bersejarah Fabio Quartararo di Brno

Kris Fathoni W - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 24: Fabio Quartararo of France and Petronas Yamaha SRT looks on in box during the MotoGP of Andalucia - Free Practice at Circuito de Jerez on July 24, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Potensi Hat-trick Bersejarah Fabio Quartararo di Brno. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Fabio Quartararo berpeluang menyamai rekor seorang sosok legenda, Kenny Roberts, jika bisa menang di MotoGP Ceko 2020 alias mencatatkan hat-trick kemenangan.

Quartararo saat ini sudah merangkai dua kemenangan secara berturut-turut di MotoGP 2020. Setelah naik podium teratas MotoGP Spanyol di Jerez, rider asal Prancis itu kembali meraih kemenangan di tempat yang sama dalam race MotoGP Andalusia.

Hasil-hasil itu tak ayal membuat Fabio Quartararo menatap MotoGP Ceko 2020 di Brno pada akhir pekan sebagai salah satu unggulan. Jika berhasil menang lagi untuk kali ketiga beruntun, rider Petronas Yamaha SRT itu akan punya menorehkan hat-trick istimewa.

Dalam catatan MotoGP.com, belum pernah ada rider Yamaha yang bisa mencatatkan tiga kemenangan beruntun di awal musim sejak 1980, ketika Kenny Roberts berjaya di Misano, Jarama, dan Paul Ricard dalam lajunya menyabet gelar juara dunia 500cc tahun 1980.

Mulai membalap di kelas primer grand prix sejak musim lalu, Fabio Quartararo finis ketujuh di Brno pada MotoGP 2019. Itu adalah hasil terbaiknya di sirkuit tersebut di seluruh kelas.

Hasil tahun lalu itu sendiri tidak lantas bikin Fabio Quartararo patah arang dalam menghadapi MotoGP Ceko 2020 di akhir pekan. Paling tidak ia merasa bahwa hasil musim lalu memperlihtkan bahwa dirinya bisa melaju dengan oke di sirkuit Brno.

"Brno adalah sirkuit yang amat aku sukai. Dari balapan tahun lalu, kami tahu bahwa punya penampilan bagus dan bisa kencang di sana, sekalipun itu bukan tempat terbaik buat motor kami," kata Fabio Quartararo.

"Ada banyak tikungan yang jadi ciri sirkuit itu, tapi tikungan terakhir adalah salah satu yang terbaik. Pebalap harus memasuki tikungan itu dengan kecepatan tapi juga mesti bersiap ancang-ancang mengambil jalur balap yang sempurna untuk bagian lurus."

"Menyenangkan berangkat ke sana setelah meraih dua kemenangan dan kami bertekad bersaing memperebutkan podium akhir pekan ini. Kami punya harapan besar dan sudah tidak sabar lagi untuk balapan," ucap rider Prancis 21 tahun itu.

Semangat Fabio Quartararo niscaya kian berkobar dengan adanya potensi mencatatkan hat-trick bersejarah di MotoGP Ceko 2020, untuk menyamai capaian Kenny Roberts di atas motor Yamaha, yang sebelum ini juga tak mampu dilakukan oleh sosok kondang macam Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan lainnya.



Simak Video "Gagal Naik Podium MotoGP Ceko, Quartararo Cuma Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com