detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 09 Agu 2020 21:00 WIB

Brad Binder dan KTM pun Cetak Sejarah

Lucas Aditya - detikSport
Winner Red Bull KTM Factory Racings South African Brad Binder celebrates during the winners ceremony after the Moto GP Czech Grand Prix at Masaryk circuit in Brno on August 9, 2020. (Photo by Joe Klamar / AFP) Brad Binder dan KTM mencetak sejarah di MotoGP. (Foto: AFP/Joe Klamar)
Jakarta -

Brad Binder menyajikan kejutan di MotoGP Ceko 2020. Bersama KTM, pebalap asal Afrika Selatan itu pun menciptakan sejarah.

Dalam balapan di sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB, Brad Binder menjadi pemenang. Start dari posisi ketujuh, rider 24 tahun itu mampu melesat.

Momen Brad Binder mengambil alih posisi terdepan dari rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, terjadi pada saat MotoGP Ceko 2020 tinggal menyisakan 9 lap.

Morbidelli seakan ingin menghemat kompon ban, hingga membuat Brad Binder bisa menyalipnya. Hingga akhir balapan rookie dari KTM itu sudah tak terkejar untuk menyentuh garis finis yang pertama.

Akun Twitter MotoGP menyebutkan bahwa Brad Binder dan KTM mencatatkan kemenangan pertamanya di MotoGP. Brad Binder bisa memenangi satu seri MotoGP pada balapan ketiga.

Saat melakukan victoty lap, Bran Binder mendapatkan ucapan selamat dari Valentino Rossi. Pantas saja Brad Binder mendapatkan ucapan selamat, dia juga menjadi pebalap Afrika Selatan pertama yang memenangi kelas premier adu cepat kuda besi.

Brad Binder mencatatkan rekor lainnya. Dia menjadi rookie pertama sejak 2013 yang berhasil memenangi satu seri. Sebelumnya, Marc Marquez yang berhasil mencatatkan torehan itu.

Dengan kemenangan ini, Brad Binder pun naik drastis di klasemen MotoGP. Sebelum balapan di Brno, Brad Binder baru mengumpulkan 3 poin hasil dari finis ke-13 di MotoGP Spanyol dan gagal finis di MotoGP Andalusia.

Brad Binder kini ada di posisi kelima dengan raihan 28 poin. Jumlah poinnya sama dengan Johann Zarco yang ada di posisi keenam.



Simak Video "Brad Binder Pembalap Afrika Selatan Pertama Menangi MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com