detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 10 Agu 2020 13:23 WIB

Vinales Melempem di Brno, Masih Untung Quartararo Jeblok Juga

Okdwitya Karina Sari - detikSport
BRNO, CZECH REPUBLIC - AUGUST 09: Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP Of Czech Republic at Brno Circuit on August 09, 2020 in Brno, Czech Republic. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Maverick Vinales kesulitan dengan ban sehingga meraih hasil buruk di MotoGP Ceko. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Brno -

Maverick Vinales kesulitan dengan ban sehingga jeblok di MotoGP Ceko 2020. Menurut dia, satu-satunya hal positif di Brno adalah Fabio Quartararo juga melempem.

Pebalap Yamaha itu digadang-gadang menjadi salah satu pemenang dalam balapan di Brno, Minggu (9/8/2020). Pasalnya, Vinales kompetitif di dua balapan pertama di Jerez.

Di Ceko, pebalap Spanyol itu memang kurang sip di sesi latihan bebas setelah menempati posisi kesembilan secara keseluruhan. Namun, toh Vinales bisa mengamankan grid kelima dalam balapan lalu finis di baris depan pada sesi pemanasan.

Akan tetapi, Vinales secara mengejutkan gagal bersinar usai finis ke-14 dalam balapan. Lebih buruk lagi Vinales terpaut 15 detik dari runner-up balapan Franco Morbidelli, yang sama-sama memakai motor M1 bahkan dengan seri lama.

Morbidelli menjadi satu-satunya penunggang Yamaha yang finis podium. Valentino Rossi menyudahi race di urutan kelima, sedangkan Quartararo yang menjuarai dua balapan pertama hanya finis ketujuh sekalipun memulai dari posisi kedua.

Meski hanya meraih dua poin, Maverick Vinales bergeming di dua besar klasemen sementara MotoGP usai mendulang 42 poin. Mantan pebalap Suzuki tersebut masih dalam persaingan gelar juara karena hanya terpaut 17 poin dari Fabio Quartararo di puncak.

"Aku tidak tahu kapan terakhir kalinya sejak aku finis ke-14. Ini bukan hal yang mudah diterima. Dari tikungan pertama aku menyadari bahwa tidak ada cengkeraman di ban belakang," ungkap Vinales di GPOne.

"Di sepanjang akhir pekan aku kehilangan sesuatu, aku kesulitan dengan ban, tapi agak sulit dipahami mengapa aku bisa finis kedua di warm-up lap dan 14 di balapan. Memang sih kesempurnaan itu tidak ada, mungkin kami membuat kesalahan, kami toh harus tetap positif, ada potensi untuk sukses kok. "

"Sekarang insinyur-insinyur Yamaha akan menganalisis datanya. Di Austria ban-ban akan sangat mirip dengan yang dipakai di Brno, dan aku ingin bisa kembali bersaing untuk posisi teratas."

"Aku sih tidak memikirkan tentang gelar juara, Anda tidak bisa melakukannya ketika Anda finis ke-14 tapi satu-satunya hal positifnya adalah Quartararo finis ketujuh dan Dovizioso hanya dua posisi di depanku. Meski begitu, Morbidelli finis kedua dengan M1 tahun lalu. Kami harus memahami mengapa aku bisa kencang di Jerez dan tidak di sini," cetus Maverick Vinales.



Simak Video "Gagal Naik Podium MotoGP Ceko, Quartararo Cuma Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com