detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 24 Agu 2020 07:54 WIB

Vinales Ungkap Detik-detik Dirinya Crash di MotoGP Styria

Bayu Baskoro - detikSport
Monster Energy Yamahas Spanish rider Maverick Vinales is pictured inside his team garage during the first day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 7, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) Maverick Vinales membeberkan detik-detik dirinya jatuh di MotoGP Styria. (Foto: AFP/MOHD RASFAN)
Spielberg -

Maverick Vinales gagal menyelesaikan balapan di MotoGP Styria 2020 usai mengalami crash di lap ke-17. Apa yang menyebabkan dirinya jatuh saat itu?

Vinales start di posisi kelima pada MotoGP Styria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (23/8/2020) malam WIB. Rider tim Monster Energy Yamaha itu beberapa kali terlihat mengangkat tangannya saat dia mengalami masalah teknis di awal balapan, sebelum akhirnya bisa menggeber motornya lagi dengan normal.

Petaka menimpa Vinales saat balapan menyisakan 12 lap lagi. Saat itu Vinales terlihat jatuh dari tunggangannya di akhir trek lurus sebelum Tikungan 1. Motor YZR-M1 miliknya terus melaju hingga menabrak pembatas sirkuit dan terbakar.



Kejadian tersebut menyebabkan red flag berkibar sehingga balapan terpaksa dihentikan sementara. Race kemudian dilanjutkan kembali dan dimenangkan pebalap KTM, Miguel Oliveira.

Setelah MotoGP Styria berakhir, Maverick Vinales mengungkapkan apa yang terjadi pada dirinya di lap ke-17. Rupanya, pebalap Spanyol itu sengaja menjatuhkan diri dari tunggangannya setelah rem motornya meledak di tengah trek.

"Saya mulai kehilangan tekanan pada rem depan. Saya terus mencoba dan berusaha. Saya bahkan sekali melebar dan berkata 'pfft, balapan yang sulit'," kata Vinales, dilansir dari Crash.

"Saya menyelesaikan tiga lap dengan lamban, kemudian memacu lagi dan lagi tanpa adanya rem. Quartararo, Valentino dan Petrucci lalu menyalip saya," dia menambahkan.

"Kemudian saya memulihkan posisi dari Valentino serta Fabio. Tiba-tiba di Tikungan 1 remnya meledak, saya pikir ada bagian-bagian yang hilang saat saya menginjak rem yang membuat rem saya blong,".

"Saya tak bisa menghentikan motor, itu tidak mungkin. Saya paham betul kalau remnya rusak atau semacamnya, sehingga saya memutuskan untuk melompat," ujar Maverick Vinales soal insiden yang menimpanya di MotoGP Styria.

(bay/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com