detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 13 Sep 2020 20:10 WIB

MotoGP San Marino 2020: Franco Morbidelli Raih Kemenangan Pertama

Lucas Aditya - detikSport
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 11: Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT  heads down a straight during the MotoGP Of San Marino - Free Practice at Misano World Circuit on September 11, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, meraih kemenangan pertama di MotoGP. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, menjadi pemenang MotoGP San Marino. Dominan sejak awal balapan, dia meraih kemenangan pertama di MotoGP.

Di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, Minggu (13/9/2020) malam WIB, Morbidelli menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 42 menit 2,272 detik.

Morbidelli menjadi pemenang baru lagi di MotoGP 2020. Sejauh ini, sudah ada lima pemenang berbeda dari enam seri yang sudah digelar, sebelumnya ada Fabio Quartararo, Andrea Dovizioso, Brad Binder, dan Miguel Oliviera.

Kemenangan di MotoGP ini sudah lama ditunggu oleh Morbidelli. Dia baru bisa menggapainya setelah 41 kali balapan.

Dengan kemenangan Morbidelli kali ini, Petronas Yamaha sudah merebut tiga dari enam seri. Sebelumnya, Quartararo menjadi pemenang di MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia.

Jalannya Balapan

Morbidelli start bagus! Dia diikuti oleh Rossi. Yamaha di posisi 1-2 sesaat setelah start. Maverick Vinales gagal memanfaatkan posisi start terdepan, dia turun tiga tingkat. Jack Miller ada di posisi ketiga pada lap pertama.

Empat lap berjalan, Morbidelli dan Rossi masih menjadi dua pebalap terdepan. Miller setia mengekor di posisi ketiga, menyusul kemudian ada Vinales dan Quartararo.

Sampai balapan tinggal menyisakan 22 lap, minim aksi overtake. Morbidelli masih ada di posisi terdepan. Empat dari lima pebalap terdepan menunggangi Yamaha. Morbidelli, Rossi, Miller, Vinales, Quartararo susunannya.

Quartararo jatuh! Dia tergelincir di tikungan keempat saat balapan menyisakan 20 lap. Dia masih bisa melanjutkan balapan, tapi kehilangan posisi kelima, turun ke posisi ke-20.

Pebalap Yamaha lainnya, Vinales terus melorot. Hingga balapan tinggal 18 lap, dia ada di posisi keenam.

Sembilan lap tersisa, ada tiga pebalap yang memperebutkan posisi kedua. Rossi, Alex Rins, dan Francesco Bagnaia. Morbidelli sudah melaju sendirian di depan dengan jarak lebih dari 2,5 detik.

Quartararo akhirnya harus menyudahi balapan lebih cepat. Dia terjatuh lagi saat balapan tinggal menyisakan tujuh lap.

Rossi akhirnya kehilangan posisi kedua. Bagnaia yang mendahuluinya di tikungan ke-11 saat balapan tinggal menyisakan 6 lap.

Rossi kehilangan posisi podium di lap terakhir. Dia disalip oleh Joan Mir.

Hingga balapan selesai, Morbidelli tak terkejar. Untuk pertama kalinya, rider 25 tahun itu memenangi MotoGP.



Simak Video "Rossi 'Tak Berdaya' di Hadapan Dua Muridnya, Morbidelli-Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com