detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 14 Sep 2020 06:15 WIB

MotoGP San Marino: Joan Mir Asapi Rossi, Lalu Minta Maaf

Bayu Baskoro - detikSport
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 13: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR celebrates the third place on the podium at the end of the MotoGP race during the MotoGP Of San Marino - Race at Misano World Circuit on September 13, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Joan Mir merebut podium dari Valentino Rossi di MotoGP San Marino. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Misano -

Joan Mir membuyarkan asa Valentino Rossi meraih podium di MotoGP San Marino dengan menyalipnya di lap terakhir. Dia kemudian meminta maaf kepada The Doctor.

Rossi menargetkan podium ke-200 sepanjang kariernya di MotoGP pada MotoGP San Marino yang berlangsung di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, Minggu (13/9/2020) malam WIB. Rider tim Monster Energy Yamaha itu berada di posisi kedua di belakang Franco Morbidelli sejak lap pertama.

Pada saat balapan menyisakan enam lap, Rossi kehilangan posisi kedua usai disalip Francesco Bagnaia. Juara dunia sembilan kali itu melorot ke urutan ketiga hingga memasuki lap terakhir.

Pada lap terakhir tersebut, Valentino Rossi kehilangan posisi podium. Joan Mir berhasil menyalipnya dan menyegel tempat ketiga di belakang Morbidelli dan Bagnaia, sementara Rossi harus puas di urutan keempat.



Hasil ini membuat Mir untuk kedua kalinya berhasil naik podium pada MotoGP 2020. Sebelumnya, rider 22 tahun itu merebut posisi kedua di MotoGP Austria.

Terkait keberhasilannya naik ke podium dengan mengasapi Rossi, Mir menilai jika hal tersebut lumrah dalam balapan. Kendati demikian, rider Spanyol itu tetap meminta maaf kepada The Doctor karena telah menggagalkan keinginannya naik podium di MotoGP San Marino.

"Saya minta maaf kepada Vale, tapi itulah balapan. Saya kuat di lap akhir balapan. Valentino pantas buat podium, tetapi tidak mungkin untuk kali ini," kata Mir, dikutip dari Speedweek.

"Saya harus akui bila saya punya masalah stabilitas dengan ban baru, saya tak bisa menggunakan ban seperti yang diinginkan. Ketika bannya mulai aus, saya lebih cepat dan melihat 1:32 lap di dasbor. Saya berpikir jika ini bisa diusahakan untuk podium, tapi saya masih di belakang sebelum akhirnya bisa menyusul yang lainnya," Mir menambahkan.

"Sangat menyenangkan bisa naik podium di Misano untuk pertama kalinya. Alex Rins awalnya cukup kuat, tetapi pada akhirnya saya lebih kuat darinya. Dia tak bisa menyalip Vale, saya tak tahu kenapa,".

"Ketika saya menyalip Rins, Vale ada di depan saya dan saya bisa menyalipnya dengan bersih. Saya juga mencoba mengejar waktu Bagnaia, saya lihat dia ada masalah di sektor akhir," demikian kata Joan Mir mengenai dirinya yang menyalip Valentino Rossi di lap akhir MotoGP San Marino.



Simak Video "Duh, Sakitnya Rossi Gagal Podium Ditikung Joan Mir di Lap Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com