detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 20 Sep 2020 20:03 WIB

MotoGP Emilia Romagna: Vinales Juara, Rossi Gagal Finis

Randy Prasatya - detikSport
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 12:  Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  celebrates the MotoGP pole position during the MotoGP Of San Marino - Qualifying at Misano World Circuit on September 12, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Maverick Vinales menang di MotoGP Emilia Romagna. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Maverick Vinales berhasil menjadi pemenang di MotoGP Emilia Romagna. Kemenangan didapat setelah Francesco Bagnaia terjatuh.

MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Marco Simoncelli, Minggu (20/9/2020) malam WIB. Vinales, yang sempat keteteran meski merebut pole mampu menuntaskan balapan dengan baik.

Dia berhasil menjadi yang terdepan setelah Francesco Bagnaia terjatuh. Hal itu membuat rider Monster Yamaha tersebut tak mampu dikejar lagi oleh rival di belakang.

Drama balapan ini juga tersaji sejak awal. Ada Valentino Rossi yang terjatuh. Disusul oleh Brad Binder dan Aleix Espargaro, yang juga ikut terjatuh.

Selepas Vinales melaju jauh di depan, pertarungan sengit terjadi di posisi kedua, ketiga, dan keempat. Joan Mir pelan tapi pasti mengacaukan duel Pol Espargaro dengan Fabio Quartararo.

Vinales keluar sebagai pemenang di balapan kali ini. Dia meraihnya setelah pada balapan-balapan sebelumnya gagal podium meski sempat dua kali meraih pole.

Jalannya Balapan

Balapan berlangsung seru sejak lepas start. Maverick Vinales, yang merebut pole, sempat disusul Jack Miller. Namun, rider Monster Yamaha itu berhasil mengambil kembali tempat terdepan di tikungan kedua.

Kejutan terjadi pada putaran kedua. Valentino Rossi terjatuh dari motornya, namun masih mencoba melanjutkan balapan dan berada di posisi ke-18.

Tak lama berselang giliran Brad Binder yang keluar lintasan. Pun dengan Aleix Espargaro. Keduanya tak dapat melanjutkan balapan.

Aksi saling salip terjadi di lap keenam. Francesco Bagnaia terlibat duel dengan Vinales untuk berada di posisi terdepan. Pertarungan ini dimenangkan oleh Bagnaia.

Miller, yang sempat berduel di barisan terdepan, perlahan posisinya melorot. Rider asal Australia itu pada akhirnya menyerah dan masuk ke pit untuk menyudahi balapan di putaran kesembilan.

Jarak Bagnaia di depan perlahan makin menjauhi Vinales yang ada di posisi kedua. Bagnaia pada lap kesebelas tercatat unggu; 1,487 detik. Di saat bersamaan, Rossi menyerah pada perlombaan dan masuk pit di putaran ke-17.

Pertarungan sengit terjadi dalam perebutan tempat ketiga antara Pol Espargaro dengan Fabio Quartararo. Rider asal Prancis itu tak berhenti terus membayangi Pol.

Kejutan terjadi di lap ke-21. Bagnaia terjatuh di tikungan keenam. Padahal, dia sudah cukup jauh meninggalkan Vinales. Pol kini naik ke posisi kedua dan Quartararo di posisi ketiga.

Kondisi ini membuat Vinales sudah sangat dekat dengan kemenangan pertama musim ini. Rekan satu tim Rossi itu unggul 4,406 detik dari Pol di posisi kedua.

Di saat Quartararo sedang asyik berduel dengan Pol, Joan Mir perlahan muncul dalam persaingan untuk merebut podium. Rider asal Suzuki itu pun mampu menyodok ke posisi kedua pada lap ke-26. Quartararo duduk di posisi ketiga dan Pol di tempat keempat.

Nasib malang terjadi pada Quartararo. Dia terkena penalti saat duduk di posisi ketiga dan menyisakan satu putaran lagi. Hukuman yang dia dapat melenyapkan harapan untuk naik podium.

Vinales pada akhir balapan mampu finis di posisi pertama. Mir ada di urutan kedua dan Pol di posisi ketiga.



Simak Video "Vinales Bicara Juara MotoGP Emilia Romagna Usai Bagnaia Crash"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com