detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 21 Sep 2020 05:15 WIB

MotoGP Emilia Romagna: Gagal Podium, Quartararo Salahkan Race Direction

Adhi Prasetya - detikSport
MotoGP rider Fabio Quartararo of France walks away from the track after crashing during the San Marino Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Sept. 13, 2020. (AP Photo/Antonio Calanni) Quartararo gagal meraih podium di MotoGP Emilia Romagna. Foto: AP/Antonio Calanni
Misano Adriatico -

Fabio Quartararo gagal naik podium di MotoGP Emilia Romagna usai terkena long lap penalty. Rider asal Prancis itu mempertanyakan keputusan tersebut.

Quartararo sebetulnya finis di urutan ketiga dalam balapan yang dihelat di Sirkuit Marco Simoncelli, Minggu (20/9/2020). Ia mencatatkan waktu 41 menit 59,265 detik dan berhak podium.

Namun ia dijatuhi long lap penalty di lap terakhir oleh pengawas FIM MotoGP. Hal itu dikarenakan roda motornya sudah lima kali melintasi green area yang harusnya tak boleh dilalui. Namun Quartararo tak mengindahkan hukuman tersebut dan terus melaju hingga finis.

[Gambas:Video 20detik]



Sebagai gantinya, catatan waktu Quartararo pun ditambah 3 detik, menjadi 42 menit 2,265 detik. Hasil itu lebih lambat dari Pol Espargaro, yang mencatat waktu 42 menit 0,374 detik. Dengan begitu, Espargaro-lah yang akhirnya menggantikan Quartararo di podium.

Quartararo terlihat gusar sewaktu masuk ke paddock seusai balapan. Pebalap Petronas Yamaha SRT itu mengaku tak pernah diperingatkan bahwa ia sampai lima kali melewati green area.

"Race Direction tak pernah memperingatkan saya kalau sudah melewati batas trek, makanya saya terkejut sewaktu saya melihat ada tulisan long lap penalty di dashboard motor saya," kata Quartararo kepada GPOne.

"Seandainya mereka melakukannya, saya akan lebih hati-hati (agar tak kena hukuman), kami perlu memperbaiki komunikasi ini karena memberitahu hal-hal semacam ini adalah tugas Race Direction. Saya tak melakukan long lap penalty karena sewaktu saya mengetahuinya, posisi saya sudah melewati titik di mana hukuman harusnya mulai dijalankan."

"Saya mengecek dashboard motor saya sampai 10 kali tiap lap dan kalau ada peringatan saya pasti tahu karena akan ada lampu oranye yang berkedip. Lain kali tim saya yang akan memberitahu hal-hal semacam ini karena kehilangan podium dengan cara seperti tadi benar-benar bikin frustrasi."

"Saya salah karena terlalu banyak melewati green area, tapi Race Direction juga salah karena tidak memperingatkan saya," sambungnya.

Hasil ini membuat Quartararo belum bisa menyalip Andrea Dovizioso di klasemen sementara pebalap MotoGP 2020. Ia baru mengumpulkan 83 poin, selisih satu angka dari Dovizioso yang ada di puncak.



Simak Video "Quartararo Ngambek Usai Gagal Podium Gegara Penalti Tiga Detik"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com