detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 26 Sep 2020 18:57 WIB

Gabung Petronas Yamaha, Rossi Bisa Tampil di MotoGP Indonesia

Yanu Arifin - detikSport
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 13:  Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team drinks and prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP Of San Marino - Race at Misano World Circuit on September 13, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi berpeluang tampil di MotoGP Indonesia tahun depan, usai resmi bergabung dengan tim Petronas Yamaha di 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Valentino Rossi akhirnya resmi bergabung dengan tim Petronas Yamaha SRT di 2021. Artinya, The Doctor bisa tampil dalam seri kalender MotoGP Indonesia.

Terjawab sudah teka-teki masa depan Rossi. Pebalap Italia itu akhirnya resmi bergabung dengan tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT, mulai musim 2021.

Kabar ini diumumkan Petronas Yamaha SRT di situs resminya. Tim satelit Garpu Tala itu memastikan Rossi akan menjadi duet baru Franco Morbidelli di MotoGP 2021.

"Juara dunia 9 kali resmi lanjut di MotoGP bersama skuad Malaysia, bersama Franco Morbidelli," tulis situs resmi Petronas Yamaha SRT.

Rumor Rossi ke Petronas Yamaha SRT sudah berhembus sejak lama. Tepatnya ketika rider Italia itu dipastikan tergusur di tim utama Yamaha, usai digantikan Fabio Quartararo.

Kepastian bergabung dengan Petronas Yamaha SRT membuat Rossi masih akan membalap di MotoGP 2021. Itu artinya, rider berusia 41 tahun itu juga berpeluang turun di seri kalender MotoGP Indonesia.

Diketahui, Indonesia akhirnya bisa mendapat slot tuan rumah MotoGP dari Dorna Sport. Indonesia mendapat jatah mulai musim 2021, dengan menggunakan Sirkuit Mandalika di Lombok.

Indonesia sendiri bisa menjadi tuan rumah kejuaraan balap internasional setelah absen selama 23 tahun. Terakhir, kejuaraan 500cc sempat digelar di Sirkuit Sentul, di mana Rossi ketika itu juga ikut turun di kelas 125cc-nya.

Rossi sendiri memang sempat menegaskan tekadnya terus membalap, termasuk di MotoGP 2021. Juara dunia 9 kali itu mengaku belum kepikiran untuk pensiun.

"Jika saya berhenti dari MotoGP, saya masih akan melakukan hal-hal berbahaya. Saya ingin mencoba sesuatu dengan mobil, mengendarai balapan 24 jam, yang mana semuanya berbahaya," kata Rossi, dikutip dari Speedweek beberapa waktu lalu.

"Bahkan bisa saja saya tinggal di rumah dan bersenang-senang naik kuda, atau saya harus tetap di tempat tidur. Selama saya mengendarai sesuatu, selalu ada resiko," dia menambahkan.

"Saya tidak akan mengubah pikiran saya dan bakal lanjut terus tahun depan," demikian kata Valentino Rossi soal masa depannya di MotoGP.



Simak Video "Sah! Valentino Rossi Gabung Petronas Yamaha"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com