detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 28 Sep 2020 18:25 WIB

Hat-trick Joan Mir dan Double Podium Suzuki di MotoGP Catalunya 2020

Kris Fathoni W - detikSport
Second placed Joan Mir of Spain, winner Fabio Quartararo of France and third placed Alex Rins of Spain, from left to right, pose on the podium of the MotoGP race of the Catalunya Motorcycle Grand Prix at the Barcelona Catalunya racetrack in Montmelo, near Barcelona, Spain, Sunday, Sept. 27, 2020. (AP Photo/Joan Monfort) Di podium MotoGP Catalunya 2020, ada dua rider Suzuki. (Foto: AP/Joan Monfort)
Jakarta -

Hasil di MotoGP Catalunya 2020 menyisipkan pencapaian hat-trick podium buat Joan Mir. Aksinya pun turut membantu Suzuki meraih double podium usai 13 tahun.

Joan Mir menuntaskan balapan di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Minggu (27/9/2020), dengan berada di posisi kedua. Rider Suzuki Ecstar itu cuma kalah cepat dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha).

Buat Mir, itu merupakan hat-trick ketiganya secara berturut-turut di MotoGP 2020. Sebuah hat-trick! Sebelum ini ia finis ketiga dan kedua di Misano, dalam seri MotoGP San Marino 2020 dan MotoGP Emilia Romagna 2020.

Tambahan 20 poin berkat finis kedua di MotoGP Catalunya 2020 bikin Joan Mir kini mengoleksi 100 poin dari delapan race. Dengan hasil-hasil rider lain, Mir kini menempati posisi kedua klasemen MotoGP 2020 untuk sementara.

Joan Mir sendiri sejatinya sudah dua kali terklasifikasi DNF dan tak dapat poin, masing-masing di seri pertama dan ketiga. Tapi di enam seri lainnya ia secara konsisten finis lima besar -- termasuk empat podium.

Di MotoGP Catalunya 2020, Joan Mir naik podium dengan ditemani oleh rekan satu timnya, Alex Rins, yang finis ketiga. Hasil itu sekaligus memunculkan pencapaian tersendiri buat Suzuki.

Dengan Joan Mir dan Alex Rins, baru kali ini lagi ada dua rider Suzuki bisa bersama-sama naik podium race kelas primer semenjak 2007, alias 13 tahun silam.

Sebelum Joan Mir dan Rins di akhir pekan dalam balapan MotoGP Catalunya 2020, dua rider Suzuki yang bisa kompakan naik podium di race kelas primer adalah John Hopkins dan Chris Vermeulen dalam gelaran MotoGP 2007.

Pada musim 2007 saat itu, Suzuki meraih double podium dalam seri di San Marino. Ketika itu Chris Vermeulen finis kedua, dengan John Hopkins di posisi ketiga. Balapan sendiri dimenangi Casey Stoner, yang juga menjadi juara dunia MotoGP 2007.

(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com