detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 29 Sep 2020 18:10 WIB

Fabio Quartararo Masih 'Mesra' dengan Sirkuit Barcelona-Catalunya

Kris Fathoni W - detikSport
Second placed Joan Mir of Spain, winner Fabio Quartararo of France and third placed Alex Rins of Spain, from left to right, pose on the podium of the MotoGP race of the Catalunya Motorcycle Grand Prix at the Barcelona Catalunya racetrack in Montmelo, near Barcelona, Spain, Sunday, Sept. 27, 2020. (AP Photo/Joan Monfort) Fabio Quartararo di podium teratas MotoGP Catalunya 2020. (Foto: AP/Joan Monfort)
Jakarta -

Fabio Quartararo bukan cuma kembali ke podium teratas di MotoGP Catalunya 2020. Ia sekaligus melanjutkan 'kemesraan' dengan sirkuit tersebut.

Quartararo berhasil naik podium teratas dalam balapan Minggu (27/9/2020) akhir pekan lalu. Itu menjadi kemenangan ketiganya di MotoGP 2020 sejauh ini.

Setelah berhasil memenangi dua seri awal musim ini, Fabio Quartararo sempat kesulitan untuk mengulanginya. Jangankan menang, naik podium pun tidak. Lima seri pun berlalu selepas kemenangan gandanya dalam dua seri di Jerez pada awal musim.

Barulah di MotoGP Catalunya 2020 rider Prancis 21 tahun itu bisa balik ke podium, dengan meraih kemenangan. Hasil itu, dan hasil rider-rider lain dalam balapan, sekaligus membawa Quartararo kembali memuncaki klasemen MotoGP 2020 untuk sementara.

Sampai dengan delapan seri balapan sejauh ini, Fabio Quartararo mengoleksi 108 poin. Rider Petronas Yamaha SRT itu unggul delapan angka dari Joan Mir di posisi kedua.

Menilik hasil-hasil di musim sebelumnya, terungkap pula kalau Quartararo ternyata punya kisah istimewa di Circuit de Barcelona-Catalunya. Kemenangan di akhir pekan adalah yang ketiga beruntun ia naik podium di sana, termasuk dua kali jadi pemenang.

'Kemesraan' Fabio Quartararo dengan Circuit de Barcelona-Catalunya ini berawal dengan kemenangan saat masih tampil di kelas Moto2 pada 2018. Sedangkan musim lalu, dalam debutnya di MotoGP, ia berhasil finis kedua. Itulah podium perdananya di kelas primer.

Bahkan, saat masih turun di FIM CEV Moto3 International Championship tahun 2014, Circuit de Barcelona-Catalunya menjadi salah satu sirkuit yang berhasil dua kali dimenangi Fabio Quartararo dalam lajunya menjadi kampiun kelas junior Moto3 tersebut.

Tak heran jika MotoGP.com dalam sebuah artikelnya menyoal kiprah si rider di MotoGP Catalunya 2020, memberikan judul 'Quartararo dan Barcelona: sebuah kisah cinta yang berlanjut di 2020'.

(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com