detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Okt 2020 05:11 WIB

MotoGP Prancis: Kesempatan Quartararo Ukir Sejarah

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Petronas Yamaha SRTs French rider Fabio Quartararo poses after taking the pole position in the MotoGP category ahead of the French MotoGP race in Le Mans, northwestern France, on October 10, 2020. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) Fabio Quartararo berpeluang menjadi pebalap Prancis pertama yang memenangi balap MotoGP di Le Mans. (Foto: AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)
Le Mans -

Belum ada pebalap Prancis yang bisa memenangi balapan MotoGP di Le Mans. Rider Petronas SRT Fabio Quartararo berpeluang menjadi yang pertama di akhir pekan ini.

Quartararo akan memulai balapan MotoGP Prancis dari grid pertama setelah merebut pole di kualifikasi, Sabtu (10/10/2020). Rider berusia 21 tahun itu mengemas waktu 1 menit 31,315 detik, unggul 0,222 detik dari pebalap Pramac Jack Miller dan 0,359 detik dari Danilo Petrucci yang menunggangi motor pabrikan Ducati.

Start dari posisi terdepan sudah jelas menguntungkan Quartararo yang bertekad mempertahankan puncak klasemen MotoGP. Saat ini Quartararo menempati peringkat teratas dengan 108 poin, berjarak delapan poin dari rival terdekatnya Joan Mir.

Selain itu sebuah torehan menunggu Quartararo. Pebalap berjuluk El Diablo itu punya kesempatan besar untuk memutus puasa kemenangan rider asal Prancis di Le Mans. Terakhir kali pebalap Prancis memenangi balapan itu adalah Louis Rossi saat menjuarai kelas Moto3 di 2012, namun tidak seorang pun dari pebalap tuan rumah yang mampu menjuarai kelas utama.

Kendati demikian, Quartararo memilih melakoni balapan dengan lebih berhati-hati. Quartararo ogah mengulang hasil tahun lalu ketika finis kedelapan akibat terlalu bergairah tampil di depan publik sendiri.

"Balapan di Le Mans tidak lagi memberiku motivasi lebih, karena di masa lalu ketika aku terlalu termotivasi aku justru membuat banyak kesalahan," ungkap Quartararo di Tuttomotoriweb.

"Aku tahu seorang pebalap Prancis belum lagi memenangi balapan di Le Mans selama bertahun-tahun, tapi aku tidak memikirkan statistik itu. Aku cuma ingin menikmati balapan."

Quartararo meyakini Ducati akan menjadi pesaing terberatnya di balapan nanti. Start bagus akan menjadi kunci bagi dia.

"Aku akan habus berkonsentrasi pada start untuk meluncur di depan setiap orang. Aku tahu pebalap-pebalap Ducati memiliki start bagus tapi aku akan berusaha melewati sektor pertama dengan baik. Aku punya kecepatan yang bagus banget untuk bersaing mendapatkan podium dan kemenangan. Aku harus menjaga mentalitas ini dan tetap tenang," imbuh Quartararo menatap MotoGP Prancis.



Simak Video "Quartararo Ungkap Alasan Ogah Ikut Uji Coba MotoGP Portimao"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com