detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Okt 2020 21:17 WIB

MotoGP 2020: Pebalap Prancis Masih Sulit Berjaya di Rumahnya

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Frances rider Fabio Quartararo of the Petronas Yamaha SRT steers his motorcycle during the MotoGP race of the French Motorcycle Grand Prix at the Le Mans racetrack, in Le Mans, France, Sunday, Oct. 11, 2020. (AP Photo/David Vincent) Fabio Quartararo gagal berjaya di MotoGP Prancis 2020 (AP/David Vincent)
Le Mans -

Pebalap Prancis memang masih belum berjodoh dengan balapan MotoGP di kandang sendiri. Ini menyusul kegagalan Fabio Quartararo memenangi MotoGP Prancis 2020.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Le Mans Bugatti, Minggu (11/10/2020) malam WIB, Quartararo sebenarnya mampu meraih pole position. Tapi, posisi itu lantas lepas selepas lap pertama dan Quartararo seperti kesulitan menjaga tempatnya di barisan terdepan.

Quartararo pelan namun pasti turun posisinya hingga sempat terlepas ke luar 10 besar pada lap ke-16. Quartararo lantas coba memperbaiki posisinya hingga akhirnya cuma finis posisi kesembilan dan gagal melebarkan jarak dengan pesaingnya di klasemen MotoGP 2020.

Quartararo memang masih menguasai puncak klasemen dengan 115 poin, tapi selisihnya dengan peringkat kedua Joan Mir cuma lima poin. Selain itu, Andrea Dovizioso juga mengancam di posisi ketiga dengan 97 angka.

Nah, karena tidak bisa finis pertama maka Quartararo gagal mengakhiri kutukan di rumah sendiri untuk para rider Prancis. Sebab terakhir kali ada pebalap Prancis yang memenangi balapan motor adalah Louis Rossi di kelas Moto3 pada 2012.

Untuk kelas teratas kali terakhir pebalap Prancis berjaya adalah Jacquez Collot saat masih bernama 500cc tahun 1958 atau 62 tahun lalu!. Memang balapan motor kelas primer Prancis bukan tempat yang menyenangkan untuk wakil tuan rumah, karena selain Collot, cuma ada Pierre Monneret yang menang di 1954.

Lalu, kapan kira-kira pebalap tuan rumah bisa berjaya di MotoGP Prancis? Kita tunggu saja musim depan.



Simak Video "Quartararo Ungkap Alasan Ogah Ikut Uji Coba MotoGP Portimao"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com