detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 15 Okt 2020 12:40 WIB

19 Tahun Lalu, Rossi Raih Gelar Juara Dunia Pertamanya di Kelas Premier

Lucas Aditya - detikSport
8 Jul 2001: Valentino Rossi of Italy and Honda in action leading Max Biaggi of Italy and Yamaha during the British Motorcycle Grand Prix at Donington Park, Derbyshire. XX DIGITAL IMAGE XX Mandatory Credit: Clive Mason/ALLSPORT Valentino Rossi menjadi juara dunia kelas premier balap motor 19 tahun lalu. (Foto: Clive Mason/Allsport)
Jakarta -

Valentino Rossi menjadi salah satu fenomena di milenium baru ajang balap motor. 19 tahun lalu, The Doctor menjadi juara dunia kelas premier untuk pertama kali.

Setelah menjalani debut yang baik di kelas 500cc, Rossi kembali tampil sip di musim keduanya. Bahkan, dia berhasil menjadi juara dunia bersama tim Nastro Azzurro Honda.

Rossi mengunci gelar juara dunia di balapan MotoGP Australia. Dia memenangi pertarungan sengit dengan Max Biaggi untuk bisa menjadi pemenang di musim 2001.

Dalam balapan di Phillip Island pada 14 Oktober 2001, Rossi melahap lap dengan catatan waktu 42 menit 22,383 detik. Dia lebih cepat 0,013 detik dari Biaggi, yang ada di posisi kedua.

Rossi mencatatkan rekor menjadi juara dunia dengan raihan 325 poin. Ada 11 seri yang dimenangi Rossi, dari total 16 balapan yang digelar di musim 2001.

[Gambas:Instagram]

Nyaris dua dekade berkarier di kelas premier ajang balap motor, hingga kini Rossi sudah 351 balapan di kelas premier. Dia sudah mencatatkan 89 kemenangan di MotoGP.

Ada tujuh gelar juara dunia yang sudah dimenangi Rossi. Gelar juara dunia terakhir didapat pada musim 2009.

Dalam beberapa musim terakhir, Rossi susah bersaing di MotoGP. Terakhir kali menjadi pemenang seri digapai pada MotoGP Belanda 2017.

Rossi sudah gagal finis tiga kali beruntun di MotoGP 2020. Secara kesuruhan, Rossi sudah 4 kali tak mampu menyelesaikan balapan dari sembilan seri yang sudah digelar musim ini,

MotoGP akhir pekan ini akan menampilkan balapan di Aragon. Rossi belum pernah mencatatkan kemenangan saat membalap di MotoGP Aragon.

"Di atas kertas, balapan-balapan itu akan susah untuk saya. Untuk alasan itu, akan penting untuk bisa kompetitif. Itu akan menjadi tantangan. Ada lima balapan tersisa sampai akhir kejuaraan dunia dan saya akan mengerahkan kemampuan terbaik," kata Rossi di GP One.

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com