detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 18 Okt 2020 21:00 WIB

MotoGP Aragon 2020: Alex Rins Akhiri Puasa Kemenangan

Lucas Aditya - detikSport
ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 17: Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR heads down a straight during the qualifying for the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 17, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Alex Rins mengakhiri puasa kemenangan dengan menjuarai MotoGP Aragon 2020. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Rider Suzuki, Alex Rins, berhasil memenangi MotoGP Aragon 2020. Pebalap Spanyol itu mengakhiri puasa kemenangan sejak musim lalu.

Dalam balapan ke-10 MotoGP 2020 di Ciudad del Motor de Aragon, Alcaniz, Spanyol, Minggu (18/10/2020) malam WIB, Rins menang dari posisi start ke-10. Dia menjadi yang tercepat usai melahap 23 lap dengan catatan waktu 41 menit 54,391 detik.

Dengan kemenangan ini, Rins berbuka puasa kemenangan dalam 13 balapan. Terakhir kali menjadi pemenang, Rins menggapainya di MotoGP Inggris tahun lalu.

Sementara itu, pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, kembali meraih podium. Dia juga menjalani balapan yang sensasional, naik 8 anak tangga dari posisi start untuk menggapai podium kedua. Ini podium keduanya berurutan setelah meraih posisi yang sama di MotoGP Prancis

Podium ketiga MotoGP Aragon ditempati oleh Joan Mir. Dengan tambahan 16 poin kali ini, Mir sudah bisa memuncaki klasemen MotoGP dengan koleksi 121 angka.

Fabio Quartararo gagal meraup poin usai finis ke-18. Raihan angkanya tertahan di 115 angka.

Jalannya Balapan

Beberapa saat setelah start, Maverick Vinales mampu mengambil alih posisi terdepan. Quartararo ada di posisi kedua, Yamaha menguasai posisi tiga pebalap terdepan dengan Morbidelli ada di urutan ketiga.

Dua lap berlalu, Alex Rins menembus posisi podium. Rider Suzuki itu mendahului Morbidelli. Di lap yang sama, Francesco Bagnaia terjatuh di tikungan kelima.

Rins merangkak naik lagi. Dia menyalip Quartararo pada lap keempat. Joan Mir naik dua peringkat! Dia menyalip dua pebalap Petronas Yamaha untuk menembus posisi ketiga di lap keenam.

Rins akhirnya bisa mengambil alih posisi terdepan dari Vinales pada lap ketujuh. Rider Suzuki itu menyalip Vinales di tikungan terakhir.

Alex Marquez terus menunjukkan performa oke. Dia sudah menembus posisi keempat saat balapan menyisakan 14 lap lagi.

13 lap berlalu, Alex Marquez menembus podium. Dia memanfaatkan ketatnya persaingan Joan Mir dan Vinales. Rider nomor 73 itu manembus posisi ketiga di tikungan

Quartararo kesulitan di Aragon. Dia sampai turun ke posisi ke-15 hingga kehilangan posisi ke-17 saat balapan menyisakan 9 lap lagi.

Sebanyak 5 lap tersisa, Alex Marquez mampu menempati posisi kedua. Dia melewati Mir dengan mulus.

Pertarungan sengit terjadi antara Rins dengan Alex Marquez di dua lap tersisa. Hingga balapan selesai, Rins tak terkejar untuk merebut kemenangan pertama di MotoGP 2020.



Simak Video "Rins Jadi Pemenang Berbeda Ke-8 dari 10 Race MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com