detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 28 Okt 2020 10:51 WIB

Suzuki Biarkan Mir dan Rins Bersaing Secara Adil

Mohammad Resha Pratama - detikSport
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 06: (L-R) Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR and  Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR pose near the bikes during the 2020 Team SUZUKI ECSTAR global presentation in box during the MotoGP Pre-Season Teams Unveiling at Sepang Circuit on February 06, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Suzuki biarkan Joan Mir dan Alex Rins bersaing sehat hingga MotoGP tuntas (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Alcaniz -

Suzuki senang dengan penampilan kedua pebalapnya saat ini. Mereka akan membiarkan Joan Mir dan Alex Rins bersaing sehat menuju gelar juara dunia MotoGP 2020.

MotoGP 2020 memang penuh kejutan ketika tak ada Marc Marquez yang absen panjang karena cedera. Persaingan menjadi lebih panas termasuk adanya Joan Mir di puncak klasemen saat ini.

Dengan tinggal menyisakan tiga balapan lagi, Mir unggul 14 poin atas Fabio Quartararo di posisi kedua dan punya peluang besar. Ini tentu jadi kejutan mengingat Suzuki selama ini kerap tertinggal dari Honda, Yamaha, atau Ducati.

Bahkan secara matematis, rekan setim Mir, Alex Rins, yang berada di posisi keenam klasemen masih punya peluang karena cuma berselisih 32 poin. Kondisi seperti ini jelas jarang-jarang dialami oleh Suzuki.

Maka dari itu, Suzuki harus pintar-pintar mengatur strategi untuk mengantarkan pebalapnya jadi juara dunia. Melihat kondisi saat ini, wajar jika Suzuki akan mengutamakan Mir ketimbang Alex Rins.

Namun, Suzuki belum mau untuk melakukan team order untuk membantu Joan Mir. Yang ada Suzuki membiarkan dulu keduanya bersaing secara sehat sampai race terakhir di Portugal.

"Saya berharap punya masalah seperti ini setiap musimnya," ujar manajer tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, seperti dikutip GP One.

"Ketika dua pebalap sama-sama berpeluang jadi juara dunia, maka kami tidak mau melakukan team order. Satu-satunya strategi yang kami punya adalah sesama rekan setim harus saling menghormati di lintasan, mereka harus saling mengoreksi satu sama lain," sambungnya.

"Suzuki sangat tidak suka team order, kami bilang kepada para pebalap kami: Semoga yang terbaik jadi juaranya. Mungkin kita bisa bicarakan soal team order ketika cuma ada satu pebalap yang berpeluang juara di seri terakhir.."

"Mungkin terlalu klise, jika berpikir lebih baik jadi juara tanpa bantuan dan atas kemampuan mereka sendiri. Untuk saat ini, tidak ada team order," tutup Brivio soal persaingan Joan Mir dan Alex Rins.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com