detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 29 Okt 2020 05:30 WIB

Morbidelli Tak Pernah dapat Kiat Khusus dari Rossi, tapi...

Bayu Baskoro - detikSport
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates with Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT (L) at the end of the MotoGP qualifying practice during the MotoGP of Catalunya: Qualifying during qualifying for the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 26, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Franco Morbidelli (kiri) dipeluk mentornya, Valentino Rossi. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Alcaniz -

Franco Morbidelli tak mendapatkan kiat khusus dari Valentino Rossi dalam persaingan MotoGP. Namun, ada hal lain yang dipelajarinya dari The Doctor. Apa itu?

Morbidelli berhasil mencapai podium pertama dalam seri MotoGP Teruel 2020 di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (25/10/2020). Rider tim Petronas Yamaha tersebut mengungguli duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, yang finis kedua dan ketiga.

Pencapaian yang diraihnya tersebut adalah kali kedua buat Morbidelli menjadi yang tercepat di MotoGP 2020. Sebelumnya, pebalap Italia itu meraih podium pertama di MotoGP San Marino.

Morbidelli sendiri saat ini masuk dalam kandidat pesaing juara MotoGP 2020. Pria 25 tahun itu kini menempati peringkat keempat klasemen sementara dengan 112 poin, atau hanya tertinggal 25 angka dari Mir yang duduk di posisi puncak.

Tidak sedikit pihak menilai keberhasilan Franco Morbidelli bersaing di papan atas MotoGP lantaran peran sang mentor, Valentino Rossi. Ya, Morbidelli merupakan salah satu 'ular-ular' didikan juara dunia sembilan kali itu di VR46 Academy.

Morbidelli tidak menyanggah jika dirinya belajar banyak dari Rossi. Kendati demikian, dia mengaku tak pernah mendapat kiat-kiat atau instruksi langsung dari The Doctor dalam persaingan juara.

Alih-alih mendapatkan kiat dari Rossi, Morbidelli lebih banyak mencontoh apa yang dilakukan sang mentor. Dari situ, dirinya bisa memetik pelajaran dan mengaplikasikannya di lintasan.

"Tidak ada instruksi. Ketika anda tumbuh dengan pebalap yang hebat, dengan legenda seperti dia, anda bisa mengingat sesuatu tanpa dirinya memberi tahu anda," kata Morbidelli, dilansir dari Speedweek.

"Anda dapat melihat bagaimana dia bereaksi dan menghadapi segala situasi. Saya menghabiskan begitu banyak waktu bersamanya, sehingga saya bisa mengambil beberapa hal darinya," Morbidelli menambahkan.

"Saya selalu bertanya-tanya apa yang akan dilakukan Vale dalam situasi tertentu. Dia selalu melakukan manuver yang tepat pada waktu yang pas," demikian kata Franco Morbidelli soal cara dia belajar dari Valentino Rossi.



Simak Video "Duo Suzuki Podium Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com