detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 09 Nov 2020 00:42 WIB

Sedikit Lagi, Joan Mir!

Adhi Prasetya - detikSport
Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR leads in the MotoGP race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz) Mir meraih kemenangan di MotoGP Eropa, sekaligus mendekatkan dirinya dengan gelar juara MotoGP tahun ini. Foto: AP/Alberto Saiz
Valencia -

Joan Mir selangkah lagi menjadi juara dunia MotoGP 2020. Meski begitu, rider asal Spanyol itu enggan gegabah karena masih ada dua balapan tersisa.

Pada seri MotoGP Eropa yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020), Mir akhirnya berhasil meraih kemenangan perdananya sekaligus podium ketujuh di musim ini. Ia finis dengan catatan waktu 41 menit 37,297 detik.

Dari 12 seri yang sudah digelar, Mir sudah meraup 162 poin. Pebalap Suzuki Ecstar itu nyaman duduk di puncak klasemen pebalap musim ini, sebab ia berjarak 37 poin dari peringkat kedua dan ketiga, yakni Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan rekan setimnya sendiri, Alex Rins.

Dengan tersisa dua seri balapan, secara matematis Mir berpeluang mengunci gelar tahun ini di MotoGP Valencia pekan depan, yang akan digelar di sirkuit yang sama. Jika ia berhasil finis minimal di posisi tiga besar, maka status juara dunia dipastikan tersemat padanya.

Meski begitu, Mir enggan membusungkan dada. Rider 23 tahun itu sadar ia masih harus menuntaskan tugasnya, memastikan dirinya benar-benar tak sanggup dikejar siapapun di puncak.

"Sekarang kami harus lebih cerdas. Karena kami punya keuntungan yang bagus dalam hal perolehan poin, betul-betul bagus, namun semuanya belum selesai," kata Mir dalam jumpa pers seusai balapan, seperti disiarkan akun Twitter resmi MotoGP.

Spain's rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR celebrates his victory on the podium after wining the MotoGP race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz)Mir sudah pernah juara dunia Moto3 pada 2017, akankah dia memenangi MotoGP tahun ini? Foto: AP/Alberto Saiz

"Kami harus mendapatkan keuntungan poin ini dengan cara yang baik. Balapan selanjutnya akan sangat krusial, kami paham itu. Kami ada di posisi yang bagus karena motor kami melaju dengan baik."

"Mungkin jika saya merasakan hal yang sama seperti hari ini, saya akan berjuang untuk meraih kemenangan juga. Namun jika yang terjadi sebaliknya, semoga sih tidak, ya kami akan melihat apa yang bisa saya lakukan."

"Saya selalu memberikan 100 persen dan nanti kami akan melihat di mana posisi kami," jelas Joan Mir, soal peluang menjadi juara MotoGP 2020.





Simak Video "Tekanan untuk Joan Mir di Tiga Balapan Pemungkas MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com