detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 10 Nov 2020 20:26 WIB

Marc Marquez: Adios MotoGP 2020!

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Jakarta -

Spekulasi seputar comeback Marc Marquez akhirnya berakhir. Pebalap Repsol Honda itu dipastikan tidak akan balapan lagi di sisa MotoGP 2020.

Marquez menderita patah lengan kanan di seri pertama yang digelar di Jerez pada Juli silam. Juara dunia delapan kali tersebut mencoba langsung comeback di Andalusia, tapi akhirnya mundur usai mengikuti sesi latihan bebas akibat cedera.

Pada prosesnya Marquez mesti naik meja bedah untuk kedua kalinya di awal Agustus untuk mengganti pelat di lengannya yang rusak. Setelah itu Honda memperkirakan Marquez akan kembali dalam beberapa bulan berikutnya yang berarti si pebalap bisa comeback di fase akhir kejuaraan.

Akan tetapi, pabrikan Jepang itu belum lama ini mengungkapkan bahwa Marquez tidak akan balapan lagi sebelum kondisinya benar-benar mencapai 100 persen. Sampai akhirnya pada Selasa (10/11/2020), Marquez memutuskan akan melanjutkan pemulihan cederanya agar bisa comeback untuk musim 2021.

"Saat pemulihannya berlanjut, Marc Marquez dan tim Repsol Honda mengonfirmasi bahwa dia tidak akan berpartisipasi di sisa musim MotoGP 2020 dan bertekad kembali balapan di 2021," bunyi pernyataan Honda sebagaimana diwartakan Motorsport.

"Bekerja melalui program pemulihan dia dan melacak kemajuan lengannya, Marc Marquez bersama dengan Honda, tim dia, dan dokter-dokter ahli, telah memilih untuk secara resmi menunda comeback dia sampai 2021."

Dengan demikian, Stefan Bradl masih akan melanjutkan tugasnya sebagai pengganti Marquez untuk menuntaskan musim ini yang tinggal menyisakan seri Valencia dan Portugal.

"Akhirnya musim ini aku tidak akan berlaga lagi. Setelah melakukan evaluasi bagaimana perkembangan lengaku dengan pada dokter dan tim, kami telah memutuskan bahwa opsi terbaiknya adalah kembali pada tahun depan. Sekarang waktunya melanjutkan proses pemulihan. Terima kasih kepada semuanya untuk pesan dukungannya. Menantikan untuk kembali di 2021!" tulis Marquez di akun Instagram-nya yang dibagikan ke lebih dari lima juta pengikutnya.

(rin/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com