detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 15 Nov 2020 21:45 WIB

Super Sunday! Lewis Hamilton dan Joan Mir Juara Dunia 'Barengan'

Adhi Prasetya - detikSport
2020 World champion, Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR celebrates after the end of the MotoGP race during Valencia Grand Prix in Ricardo Tormo Circuit in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 15, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz) Joan Mir resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020. Foto: AP/Alberto Saiz
Jakarta -

Lewis Hamilton menjadi juara dunia Formula 1 2020, disusul Joan Mir yang menjadi juara dunia MotoGP 2020. Keduanya memastikan titel di hari yang sama.

Pada Minggu (15/11/2020), F1 menggelar seri ke-14 di musim ini dengan tajuk GP Turki. Di Istanbul Park Circuit, Hamilton berhasil meraih kemenangan ke-10 di musim ini. Hasil itu membuat pebalap Mercedes itu sudah mengumpulkan 307 poin.

Dengan sisa tiga seri, koleksi poin Hamilton tak lagi bisa dikejar pesaing terdekat sekaligus rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang baru mengumpulkan 197 poin dan cuma finis di urutan ke-14 kali ini, menyusul spin yang dialaminya di awal balapan.

Hamilton pun memastikan diri sebagai juara dunia musim ini, sekaligus menjadi yang ketujuh dalam kariernya sejak memulai debut di F1 pada 2007 lalu.

Mercedes driver Lewis Hamilton of Britain celebrates after winning the Formula One Turkish Grand Prix at the Istanbul Park circuit racetrack in Istanbul, Sunday, Nov. 15, 2020. (Ozan Kose/Pool via AP)Hamilton menjadi juara dunia F1 2020. Foto: AP/Ozan Kose

Selain F1, MotoGP pun juga menemukan juara dunia di hari ini. Joan Mir, yang mengendarai motor Suzuki, sukses menyegel gelar juara dunia MotoGP untuk pertama kali dlam kariernya.

Pada MotoGP Valencia yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, sebetulnya Franco Morbidelli yang keluar sebagai pemenang. Sementara Mir hanya finis di urutan ketujuh.

Meski begitu, tambahan 9 poin sudah cukup untuk membuatnya tak bisa dikejar lagi. Kemenangan Morbidelli hanya mengantarkannya berada di urutan kedua dengan 142 poin, sementara Mir sudah mengoleksi 171 poin dengan sisa satu seri.

Dengan demikian, Mir pun resmi menjadi juara dunia musim ini, menemani Hamilton yang beberapa jam sebelumnya lebih dulu mengunci titel. Selamat untuk keduanya!



(adp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com