detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 18 Nov 2020 12:11 WIB

MotoGP Portugal 2020: Kans Suzuki Sapu Bersih

Kris Fathoni W - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 15: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  celebrates with Davide Brivio (L) of Italy and Team Suzuki MotoGP  the victory of 2020 championship of MotoGp season under the podium at the end of the MotoGp race during the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 15, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP Portugal 2020: Kans Suzuki Sapu Bersih. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

Joan Mir juara dunia MotoGP 2020, tapi MotoGP Portugal 2020 masih menghadirkan kans lain buat Suzuki yang bisa sapu bersih mengilapkan pencapaiannya musim ini.

Di MotoGP Valencia 2020 lalu, gelar juara dunia rider sudah berhasil diamankan oleh Joan Mir. Itu menjadi pencapaian tersendiri buat Suzuki, yang kembali mengantar ridernya jadi kampiun selepas Kenny Roberts Jr di tahun 2000.

Hasil itu turut menyudahi dominasi rider-rider Honda dan Yamaha dalam menyabet gelar juara dunia. Sebelum Joan Mir, rider non-Honda atau non-Yamaha terakhir yang melakukannya adalah Casey Stoner bersama Ducati di tahun 2007.

Joan Mir pun turut menyelingi dominasi Marc Marquez. Sejak Marquez turun di kelas MotoGP di tahun 2013, cuma dua kali ia tak menyudahi musim sebagai kampiun dengan gelar juaranya disabet Jorge Lorenzo (2015) dan Joan Mir (2020).

Hasil di MotoGP Valencia 2020, dengan Joan Mir finis ketujuh dan Alex Rins finis ketiga, membuat poin tim Suzuki Ecstar kini menjadi 309 poin di klasemen juara dunia tim. Dengan satu seri sisa, jumlah itu takkan bisa dikejar pesaing terdekatnya yakni Petronas Yamaha SRT dengan 230 poin -- yang terkena imbas potongan poin.

Suzuki bisa melengkapi kesuksesan dengan memburu gelar juara dunia konstruktor, alias meraih Triple Crown, di MotoGP 2020. Saat ini Suzuki masih bersaing ketat dengan Ducati di klasemen konstruktor, sama-sama mengoleksi 201 poin dengan satu seri tersisa.

Selain itu, Suzuki juga bisa melakukan aksi sapu bersih di MotoGP 2020 andaikata Alex Rins mampu meraih hasil positif di MotoGP Portugal 2020. Saat ini Rins menempati posisi ketiga di papan klasemen MotoGP 2020, cuma terpaut empat poin dari Franco Morbidelli yang berada di posisi kedua.

Jika Alex Rins mampu menyudahi musim ini di posisi kedua di bawah Joan Mir, Suzuki pun bakal sukses sapu bersih: juara dunia tim dan konstruktor, plus kedua ridernya menempati posisi pertama dan kedua pada klasemen akhir.

(krs/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com