detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 22 Nov 2020 21:56 WIB

MotoGP Portugal: Tak Tersentuh, Oliveira Menangi Seri Penutup 2020

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
MotoGP rider Miguel Oliveira of Portugal steers his motorcycle ahead of Franco Morbidelli of Italy and Jack Miller of Australia during the MotoGP race of the Portuguese Motorcycle Grand Prix, the last race of the season, at the Algarve International circuit near Portimao, Portugal, Sunday, Nov. 22, 2020. (AP Photo/Armando Franca) Miguel Oliveira memenangi MotoGP Portugal. (Foto: AP/Armando Franca)
Jakarta -

Miguel Oliveira tampil sebagai pemenang pada MotoGP Portugal yang jadi seri penutup musim 2020. Rider KTM Tech3 itu tampil dominan sejak selepas start.

Balapan terakhir MotoGP 2020 digelar di Sirkuit Portimao, Minggu (22/11/2020) malam WIB. Miguel Oliveira melesat sejak lampu start padam dan langsung membuka jarak signifikan di putaran kedua.

Keunggulan itu terus dipertegas pebalap tuan rumah tersebut, hingga akhirnya melintasi garis finis sebagai yang terdepan. Franco Morbidelli menempati posisi dua di sebagian besar jalannya balapan, hanya untuk dilewati Jack Miller di lap terakhir.

Sementara itu, Valentino Rossi menjalani balapan terakhirnya dengan tim pabrikan Yamaha dan harus puas finis di posisi 12. Kecuali Morbidelli, tiga pebalap penunggang Yamaha lainnya ada di luar 10 besar, yakni Vinales, Rossi, dan Fabio Quartararo.

Buat Miguel Oliveira, ini jadi kemenangan kedua sepanjang kariernya di kelas MotoGP. Sebelumnya pebalap 25 tahun itu juara di MotoGP Styria.

Jalannya Balapan

Tiga posisi terdepan tak berubah selepas start. Miguel Oliveira melahap putaran pertama di posisi terdepan, disusul Franco Morbidelli dan Jack Miller.

Juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir hampir terjatuh di tikungan ketiga setelah bersenggolan dengan Johann Zarco. Sementara itu, Oliveira langsung melesat dan membuka jarak hingga 1,2 detik di putaran kedua.

Brad Binder jadi pebalap pertama yang terjatuh di balapan ini, yakni di lap ketiga. Di depan, Oliveira sudah unggul 2,5 detik dari Morbidelli saat memasuki putaran kelima.

Oliveira begitu tangguh dan memimpin hingga empat detik dari Morbidelli di posisi kedua saat memasuki lap ke-10. Pol Espargaro naik ke urutan empat, setelah melewati Stefan Bradl dan Cal Crutchlow.

Fabio Quartararo sempat terlibat pertarungan sengit dengan Takaaki Nakagami, namun tak kuasa membendung pebalap Jepang tersebut. Quartararo pada prosesnya dilewati oleh Andrea Dovizioso dan turun ke posisi 12 usai disalip Alex Marquez di lap ke-11.

Alex Rins melebar dan terlihat mengalami masalah ban di putaran ke-14. Ia kehilangan posisi delapan usai dilewati Dovizioso dan Nakagami.

Joan Mir memutuskan kembali ke garasi saat memasuki putaran ke-15 karena mengalami problem. Di depan, Oliveira nyaman memimpin sementara Morbidelli mulai didekati oleh Miller.

Oliveira memimpin hampir 4,5 detik saat balapan memasuki putaran ke-20. Cal Crutchlow kehilangan posisi lima karena melebar dan turun ke urutan sembilan. Di titik ini, Miller sudah menempel Morbidelli untuk mengincar posisi dua.

Crutchlow pada prosesnya turun ke posisi ke posisi 11. Ia di depan duo pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, yang kesulitan sepanjang balapan.

Vinales melewati Crutchlow di putaran ke-24, disusul Rossi pada putaran berikutnya. Oliveira mempertahankan posisi terdepan, sementara itu Miller merebut urutan kedua dari Morbidelli di sektor terakhir.



Simak Video "Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal, Mir Gagal Finis"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com